Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Surabaya membangun rumah pompa air berkapasitas besar di kawasan Kandangan, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya yang akan difungsikan awal 2018.
     
"Ini rumah pompa kapasitasnya lebih besar. Targetnya akhir Januari nanti sudah selesai," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat melakukan inspeksi di lokasi pembangunan rumah pompa Kandangan, Senin.

Risma menyampaikan rumah pompa Kandangan tersebut memang memiliki kapaitas yang lebih besar dibandingkan rumah pompa yang selama ini ada. Adapun kapasitas pompa yang akan dipasang sebanyak tujuh pompa yang masing-masing berkapasitas 5 meter kubik/detik. 

"Kalau sudah jadi, kami berharap air yang semula menggenangi kawasan utara serta kawasan HR. Muhammad dan Darmo Satelit, nantinya bisa lari ke sini," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, progres pembangunan rumah pompa tersebut sudah mencapai 50 persen. Untuk pengerjaan berikutnya, 30 persen di antaranya mekanikal elektronik. 

Untuk jangka pendek, lanjut dia, wali kota menyebut yang difokuskan saat ini membangun penahan air laut agar tidak terjadi banjir rob. "Kami bangun dinding penahannya dulu sambil menyelesaikan teknikal elektroniknya. Kalau itu (mekanikal elektronik) siap, maka sudah 80 persen," katanya.

Wali kota mengatakan pembangunan rumah pompa tersebut cukup lama karena pemkot sempat mengalami kendala di awal-awal pembangunan, khususnya terkait akses masuknya. 

"Pompa Kandangan ini memang agak lama, ada beberapa kendala seperti akses masuk hingga kami dipinjami pemilik lahan untuk akses masuk," katanya.

Kepala Bidang Pematusan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Samsul Hariadi menambahkan, ini merupakan rumah pompa air yang ke-57. 

"Tapi ini kapasitasnya paling besar. Kami belum punya yang seperti ini. Kami pakai 5 kubik karena memang di daerah ini dibutuhkan catchment area yang besar," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017