Sidoarjo (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membacakan puisi berjudul "Guru Zaman Now" di puncak peringatan Hari Guru Nasional sekaligus HUT ke-72 PGRI dan Hari aksara international ke 54, di GOR Delta Sidoarjo, Minggu.

"Guru adalah pahlawan yang menjembatani seluruh cita-cita warga bangsa. Tidak semua bercita-cita jadi guru, tapi guru adalah jembatan semua cita-cita," katanya mengutip satu bait puisinya.

Ia mengemukakan, masalah mendasar para guru saat ini adalah tentang kesejahteraan khususnya bagi para guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap.

"Tadi saya sudah mendapatkan beberapa masukkan. Mudah-mudahan nanti kami yang di pemerintahan bisa istikhomah untuk memperjuangkan kesejahteraan para guru," ujarnya.

Selama ini, kata dia, para guru selalu menjadi garda terdepan yang melakukan pendampingan, memberikan kritik, saran serta solusi bagi pemerintah.

"Saya berterima kasih pada para guru. Jatim bisa seperti ini salah satunya adalah adanya peran dari para guru," ucap pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini.

Saat berada di atas panggung, Gus Ipul juga sempat menyanyikan lagu syukur yang lantas diikuti oleh paduan suara serta ribuan guru yang hadir memenuhi seluruh tribun penonton di GOR Sidoarjo.

Di sisi lain, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengaku sangat mendukung kegiatan ini karena Kabupaten Sidoarjo terpilih untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Guru dan Hari Aksara Internasional Provinsi Jawa Timur tahun 2017.

"Untuk itu saya sangat berharap, terutama kepada para Dewan Guru yang hadir pada saat ini, agar menyediakan layanan informasi yang mudah dan murah, serta dapat diakses oleh seluruh pelajar," katanya.

Para Guru yang hadir dalam puncak peringatan Hari Guru Nasional kali ini berasal dari seluruh daerah di Jawa Timur diantaranya dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Madiun, Kediri, Malang, Madura, Jember, Banyuwangi serta beberapa daerah lainnya di Jawa Timur.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017