Situbondo (Antara Jatim) - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Divisi Regional Bondowoso bekerja sama dengan Pengurus Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dalam rangka menyukseskan program "Rumah Pangan Kita" (RPK).

"Sosialisasi program RPK hari ini kepada pengurus PC GP Ansor Situbondo, menindaklanjuti 'MoU' atau nota kesepahaman antara Bulog dan Pimpinan Pusat GP Ansor dalam rangka peningkatan ketahanan pangan masyarakat dan penegakan kedaulatan panagan nasional," ujar Kepala Sub-Divre Bulog Bondowoso membawahi Situbondo, Adhekan di Situbondo, Rabu.

Penyuluhan dan sosialisasi program RPK itu, lanjut dia, diharapakan pengurus PC dan PAC GP Ansor Situbondo dapat bergabung dan menjadi mitra Bulog guna menyukseskan program "Rumah Pangan Kita".

Pengurus PAC dan Ranting GP Ansor yang tersebar di 136 desa dan kelurahan, katanya, dapat menjadi mitra dalam jaringan distribusi pangan pokok pemerintah lewat program RPK.

"Program RPK ini juga menjadi peluang usaha bagi rumah tangga, koperasi, badan usaha, organisasi masyarakat, komunitas sosial dan yang lainnya. Dan dapat menjual beras premium poles, beras super poles, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu segitiga biru dam tepung terigu lencana emas yang harganya cukup terjangkau," paparnya.

Sementara Ketua Umum GP Ansor Situbondo, Yogie Kripsian Syah mengatakan kerja sama Bulog dan Ansor dalam rangka menyukseskan program RPK diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Secara bertahap pengurus PAC dan ranting GP Ansor bisa segera bergabung dan membentuk "Rumah Pangan Kita". Target kami setiap RT bisa terbentuk satu RPK," katanya. (*) 
Video Oleh Novi Husdinariyanto

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017