Gresik (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur meraih penghargaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2016 dengan capaian standar tertinggi, yakni dengan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto di Gresik, Rabu mengaku bersyukur atas raihan tersebut, sebab penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) itu merupakan yang kali kedua diterima pemkab setempat.

"Penghargaan ini sebagai apresiasi atas komitmen jajaran perangkat daerah untuk menciptakan sistem pengelolaan keuangan yang akuntabel, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Sambari mengaku, penghargaan ini juga bentuk penilaian pemerintah pusat bahwa Gresik berhasil menyusun laporan dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016 secara baik dan dapat dipertanggung jawabkan.

"Penghargaan ini merupakan hasil kerja sama semua pihak di jajaran Pemkab Gresik atas dukungan dan doa masyarakat. Selain itu, dukungan SDM yang berkualitas dalam melaksanakan sistem manajemen keuangan juga semakin baik," katanya.

Sambari mengaku akan terus memberi motivasi pada jajaran pengelola keuangan dan memberi instruksi kepada semua perangkat daerah agar selalu menyajikan laporan keuangan yang akuntabel, terkini dan dapat dipertanggung jawabkan.

Sambari berharap, ke depan seluruh kepala perangkat daerah dan jajaran pengelola keuangan bisa meningkatkan akuntabilitas agar penggunaan anggaran, sehingga efisien dan tepat sasaran.

"Kami harapkan opini WTP dapat selalu dipertahankan, dan mendapatkan kembali penghargaan serupa tahun depan," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017