Jember (Antara Jatim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur menyalurkan bantuan kepada korban yang rumahnya roboh akibat hujan deras yang mengguyur kawasan setempat.

"Hari ini kami berikan bantuan berupa paket sembako, paket sandang, paket alat masak, tikar, dan terpal kepada korban, serta mendirikan tenda untuk sementara waktu," kata Pelaksana tugas BPBD Jember Widi Prasetyo di Jember, Kamis.

Sebuah rumah milik nenek Muksiya (76) warga Dusun Laok, Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, roboh akibat hujan yang mengguyur wilayah setempat pada Rabu (25/10) malam.

Korban yang sehari-hari berjualan sayur dan tinggal seorang diri itu berada di dalam rumah saat rumahnya ambruk diterjang derasnya hujan, namun yang bersangkutan tidak mengalami luka-luka dan berhasil menyelamatkan diri ke luar rumah.

"Korban sempat dibawa ke puskesmas untuk diperiksa kesehatannya dan untuk sementara waktu korban juga mengungsi ke rumah saudaranya yang aman, namun kami juga akan memberikan bantuan berupa material bangunan untuk memperbaiki rumah korban," tuturnya.

Berdasarkan hasil rapat dengan Kepala Desa Sumberlesung, Kepala Dusun Laok, Komandan Koramil, Kapolsek dan warga setempat diputuskan bahwa rumah korban akan dibangun dengan cara bergotong royong pada pekan depan.

"Material bangunan akan dikirim ke lokasi rumah korban pada Sabtu (28/10), sehingga semua pihak akan melakukan kerja bakti untuk membangun rumah korban yang roboh tersebut pada Senin (30/10)," katanya.

Widi mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap musim hujan karena berdasarkan prakiraan BMKG, intesitas curah hujan cukup tinggi di Kabupaten Jember pada November-Desember 2017, sehingga berpotensi terjadinya bencana banjir, tanah longsor, dan banjir bandang.

Sementara Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto mengatakan pihaknya akan menyiapkan personel untuk membantu pembangunan rumah korban yang rumahnya roboh di Dusun Laok, Desa Sumberlesung tersebut.

"Bahkan kalau perlu akan dilakukan karya bakti dengan menyiapkan personel TNI untuk membantu pembangunan rumah korban nenek Muksiya yang rumahnya roboh itu," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017