Jember (Antara Jatim) - Sebanyak 16 partai politik menyerahkan dokumen persyaratan partai politik calon peserta Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Hingga saat ini jumlah partai politik yang sudah menyerahkan dokumen persyaratan peserta Pemilu 2019 sebanyak 16 parpol, namun baru sembilan partai politik yang dinyatakan lengkap," kata Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi di Kantor KPU Jember, Senin malam.

Menurutnya sebagian besar parpol menyerahkan berkas pada hari terakhir penyerahan dokumen persyaratan partai politik calon peserta Pemilu 2019 pada 16 Oktober 2017, padahal KPU Jember sudah mengingatkan jauh-jauh hari untuk menyerahkan berkas sebelum mendekati batas terakhir karena pendaftaran dibuka sejak 3 Oktober 2017.

"KPU Kabupaten Jember khusus di hari terakhir ini membuka pelayanan penyerahan dokumen hingga pukul 24.00 WIB, sehingga diharapkan pengurus parpol bisa memanfaatkan waktu tersebut," katanya.

Berdasarkan data KPU Jember jumlah parpol yang sudah menyerahkan dokumen persyaratan parpol calon peserta Pemilu 2019 sebanyak 16 parpol, namun sembilan parpol yang dinyatakan lengkap yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Perindo, Partai Berkarya, PSI, PBB, PKS, Golkar, dan PAN.

"Pendaftaran partai politik sebenarnya dilakukan di tingkat pusat, namun untuk keperluan proses verifikasi, partai politik di daerah wajib menyerahkan berkas verifikasi ke KPU kabupaten di antaranya memiliki jumlah anggota minimal 1.000 orang di setiap kabupaten yang dibuktikan dengan fotokopi KTP elektronik, SK Kepengurusan partai, dan alamat kantor," tuturnya.

Pantauan di lapangan sejumlah partai politik menyerahkan berkas dengan rombongan pengurus partai dan ada juga yang membawa kesenian tradisional untuk menuju ke Kantor KPU Jember.

Ketua DPC Partai Gerindra Jember Satib mengatakan penyerahan berkas dokumen ke KPU Jember sengaja dilakukan pada hari terakhir karena masih ada beberapa dokumen yang perlu untuk dilengkapi.

"Daripada harus bolak balik untuk melengkapi dokumen persyaratan yang dibutuhkan, kami lengkapi dulu dan setelah itu menyerahkan kelengkapan berkas sebagai calon peserta Pemilu ke KPU Jember," katanya.

Sementara PKB menyerahkan berkas ke KPU Jember diiringi dengan kesenian reog dan jathilan, sehingga banyak menjadi perhatian pengguna jalan yang melintas di Jalan Kalimantan tersebut.

"Kami baru menyerahkan pada hari terakhir karena ada beberapa kendala, namun untuk kesesuaian data sipol (sistem informasi partai politik) sudah lebih dari 1.000 KTP elektronik karena yang terdata di PKB sebanyak 1.300 kartu tanda anggota PKB," kata Sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaidi.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017