Jember (Antara Jatim) - Imunisasi Measles-Rubela (MR) di Kabupaten Jember, Jawa Timur hingga 29 September 2017 sudah mencapai 101 persen dari target yang harus mendapatkan imunisasi MR di kabupaten setempat sebanyak 541.024 anak.

"Alhamdulillah capaian imunisasi MR di Jember sudah melebihi target nasional sebesar 95 persen dan target dari Bupati Jember sebesar 100 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember Siti Nurul Qomariyah di Jember, Jumat.

Menurutnya ada tambahan anak-anak yang harus diberikan imunisasi MR karena usianya sudah masuk 9 bulan atau pelajar SMA yang awalnya tidak menjadi sasaran, namun ada sejumlah siswa SMA yang usianya masih 15 tahun, sehingga jumlah anak yang diimunisasi melebihi jumlah target awal yang ditentukan.

"Dengan demikian jumlah anak yang sudah diimunisasi mencapai sekitar 591.024 anak, sehingga persentasenya sekitar 101 persen dari target awal imunisasi MR yang harus dituntaskan di Kabupaten Jember," tuturnya.

Menurutnya semua pihak bekerja sama untuk menyukseskan program pemerintah terkait imunisasi tersebut, agar semua anak di Indonesia bebas dari penyakit campak dan rubella, termasuk di Kabupaten Jember.

"Selama sepekan terakhir ini sebagian anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi karena sakit atau mengalami gangguan kesehatan dan berkebutuhan khusus dirujuk di tiga rumah sakit daerah (RSD) yakni RSD dr Soebandi, RSD Balung, dan RSD Kalisat untuk mendapatkan konsultasi lebih dulu, sebelum diimunisasi MR," katanya.

Ia mengakui ada sebagian warga yang menolak diimunisasi karena ketidaktahuannya tentang manfaat imunisasi MR dan persoalan halal-haram imunisasi MR tersebut, sehingga pihaknya mengajak tokoh masyarakat dan tokoh agama melakukan pendekatan persuasif kepada warga yang bersangkutan.

"Setelah dilakukan pendekatan persuasif, maka warga yang awalnya menolak, akhirnya bersedia anaknya diimunisasi MR dan petugas terus turun di lapangan, agar semua anak di Jember mendapatkan imunisasi MR," katanya.

Nurul mengatakan sebanyak 50 puskesmas di Kabupaten Jember sudah mencapai target capaian imunisasi yang dipatok oleh Pemkab Jember, sehingga pihaknya berharap anak-anak di Jember bebas dari penyakit campak dan rubella.

Target imunisasi MR di Kabupaten Jember yang harus dituntaskan adalah anak di usia 9 bulan hingga 15 tahun yang berjumlah 541.024 anak dengan periode pemberian imunisasi MR adalah bulan Agustus hingga September 2017. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017