Kediri (Antara Jatim) - Anak-anak di Kediri, Jawa Timur, didorong oleh Wali Kota Kediri, untuk gemar makan ikan, sebab kandungan gizinya sangat baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan mereka.

"Saya mengajak untuk makan ikan lebih banyak lagi, supaya kebutuhan protein tercukupi lagi, sehingga memiliki generasi yang hebat, cerdas seeperti di Jepang, deerah lain. Di Jepang, per hari makan ikannya kurang lebih 1/4 kilogram," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam acara gemar makan ikan di SMAN II Kediri, Kamis.

Ia mengatakan, di Kediri memiliki sungai yang banyak dengan beragam jenis ikan. Kediri juga dilewati Sungai Brantas, yang jumlah ikannya juga cukup banyak. Beberapa jenis ikan itu misalnya ikan patin, kutuk dan beragam jenis lainnya.

Ia juga mengajak orangtua untuk bisa menyediakan ikan guna dikonsusmi anak-anak. Dengan makan ikan, kebutuhan gizi mereka bisa tercukupi, sebab kandungan gizi di ikan sangat besar. Dengan gizi yang tercukupi, diharapkan mereka bisa menjadi generasi yang lebih pintar.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Semeru Singgih mengatakan rata-rata konsumsi ikan warga di Kota Kediri pada 2016 hanya 22 kilogram per kapita per tahun. Ia menargetkan konsumsi itu naik naik pada 2017.

"Tingkat konsumsi perlu ditingkatkan pada 2017 ini. Pada 2016, tingkat konsumsinya 22 kilogram per tahun, nanti harapannya bisa meningkat 24-25 kilogram per kapita per tahun," ucapnya.

Ia mengatakan, pemerintah kota terus berupaya untuk meningkatkan gizi anak-anak, dengan terus menggalakkan gemar makan ikan. Ia berharap, nantinya bisa semakin mendekati dari target nasioonal yang mencapai 35 kilogram per kapita per tahun.

"Makanya, kami terus dorong untuk naik dari tahun ke tahun. Pasokan ikan juga relatif cukup. Bahkan, ikan dari Kediri tidak semua dikonsumsi masyarakat Kediri. Kami giat sosialisasi, memberi pengetahuan pada masyarakt untuk meningkatkan makan ikan agar sehat dan itu belum dipahami sebagian masyarakat Kediri. Makan ikan bisa ikan laut atau ikan air tawar," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, diikuti sekitar 1.000 anak dari SMAN II Kediri. Mereka juga bersama-sama ikut makan ikan, yang telah disediakan oleh pemerintah kota. Setiap anak diberikan nasi lengkap dengan lauk ikan goreng. 

Selain makan ikan, Wali Kota juga menyerahkan sejumlah bantuan untuk anak-anak yatim dan dari keluarga tidak mampu. Ia berharap, bantuan itu bisa bermanfaat untuk mereka, untuk kebutuhan sekolah mereka. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017