Pasuruan (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf menyatakan jika kualitas bidan perlu terus ditingkatkan, terutama di bidang keterampilan dan penguasaan bahasa asing supaya bisa membantu pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

"Selain itu, bidan juga bisa menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan di daerah, dan juga agar peran mereka tidak tergeser oleh tenaga-tenaga kesehatan dari luar negeri," katanya saat menghadiri Wisuda Angkatan VII Program Studi Diploma III Kebidanan Akademi Kebinan Sakinah Pasuruan, di Finna Golf Prigen Pasuruan, Rabu.

Ia mengemukakan, peningkatan kualitas bidan menjadi salah satu program Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan melakukan pembinaan terhadap kualitas pendidikan di akademi kebidanan yang banyak tersebar di Jatim.

"Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi, atas apa yang telah dilakukan oleh Akademi Kebidanan (Akbid) Sakinah yang berada di bawah pengelolaan PP. Syamsul Arifin Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan tiga pesan kepada para wisudawan yang pertama yakni supaya mereka terus mengurus registrasi, karena masih banyak lulusan belum menyelesaikan registrasi, padahal hal tersebut sangat diperlukan untuk membaktikan ilmunya di tengah masyarakat.

"Kedua, para wisudawan hendaknya membantu pemerintah dalam pembangunan kesehatan di Jawa Timur. Isi tempat-tempat kosong bidang kesehatan utamanya kebidanan dan bisa menyebar di seluruh pelosok di Jawa Timur," ujarnya.

Dan kemduian yang ketiga, kata dia, hendaknya para wisudawan terus belajar mengikuti perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan dan dapat berkompetisi di dunia kerja.

Dirinya juga mengajak seluruh pimpinan dan pengurus pondok terus bekerja keras untuk meraih akreditasi yang lebih tinggi sesuai dengan permintaan pasar.    

Sementara itu Pengasuh PP. Syamsul Arifin, KH. Syaifulah Damanhuri mengatakan bahwa Akbid Sakinah terus membuktikan eksistensinya dalam memberikan pendidikan di bidang kebidanan.

"Salah satu bukti, kini Akbid Sakinah mendapatkan atensi dan tempat terbaik di mata pemerintah daerah, stakeholder dan mahasiswa," ujarnya.

Di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Syamsul Arifin, Akbid Sakinah menjadi pelopor pendidikan tinggi kebidanan yang berbasis pesantren di Kabupaten Pasuruan dan sampai dengan saat ini telah meluluskan ribuan mahasiswi yang tersebar ke berbagai daerah.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017