Surabaya (Antara Jatim) - Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya Komisaris Besar Polisi Muhammad Iqbal melepas 47 purnawirawan, melalui sebuah upacara wisuda di halaman Polrestabes Surabaya, Rabu.
     
Dalam kesempatan itu, atas nama bangsa dan negara, Iqbal mengucapkan terima kasih atas pengabdian para purnawirawan yang telah diberikan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia 
     
"Anda memasuki masa purnawirawan tanpa cacat," ujarnya.
     
Sebanyak 47 purnawirawan tersebut terdiri dari 22 perwira, meliputi dua orang berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi, empat orang Ajun Komisariis Polisi, dua orang Inspektur Polisi Satu, serta 14 orang Inspektur Polisi dua.
     
Selain itu,  21 anggota yang terdiri dari 10 orang berpangkat Ajun Isnpektur Polisi Satu, delapan orang Brigadir Polisi Kepala, tiga orang brigadir, serta empat orang pegawai negeri sipil di lingkungan Polrestabes Surabaya.
     
"Bapak-bapak dan ibu-ibu telah lulus dalam menjalankan tugasnya. Sekarang saatnya diwisuda menjadi purnawirawan. Semoga setelah kembali ke masyarakat bisa menjadi tauladan sebagai warga negara yang baik di tengah-tengah masyarakat," ujar Iqbal.
     
Selesai upacara dilanjutkan dengan acara tradisi pedang pora untuk melepas para purnawirawan tersebut. 
     
Satu persatu para wisudawan yang purna tugas ini kemudian diantar dengan diiringi puisi dan lagu menuju becak hias yang telah disiapkan. 
     
Selanjutnya dengan menumpang becak hias para purnawirawan diarak dari Kantor Polrestabes Surabaya di Jalan Sikatan menuju Tugu Pahlawan yang berjarak sekitar 500 meter.
     
Kapolrestabes Muhammad Iqbal tampak ikut mengayuh becak yang dinaiki salah seorang purnawirawan.
     
Diikuti seluruh pejabat utama dan para Kepala Kepolisian Sektor jajaran ikut mengayuh becak mengiringi para purnawirawan menuju Tugu Pahlawan.
     
Para keluarga purnawirawan tampak menyabut dengan haru di kawasan Tugu Pahlawan Surabaya.
     
Kepada wartawan, Iqbal mengatakan, tradisi wisuda dan arak-arakan becak hias bagi para purnawirawan ini telah berlangsung yang ketiga kalinya di lingkungan Polrestabes Surabaya.
     
"Ini bentuk penghargaan dari kami terhadap para purnawirawan yang telah mengabdikan hidupnya untuk bangsa dan negara," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017