Jember (Antara Jatim) - Ratusan peserta mengikuti napak tilas pahlawan nasional KHR As'ad Syamsul Arifin yang diberangkatkan Pengasuh Pondok Pesantren Roudlatul Ulum Sumber Wringin Kecamatan Sukowono di halaman pesantren setempat, Sabtu.

Napak Tilas Perjuangan KHR As'ad Syamsul Arifin dilaksanakan oleh SMK Perikanan dan Kelautan Puger bekerjasama dengan Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo (IKSASS).

"Kegiatan napak tilas ini sudah memperoleh restu pengasuh Ponpes Sukorejo KHR. Ahmad Azaim  Ibrahimy yang dilaksanakan mulai hari ini," kata Pengurus Pusat IKSASS KH Misbahus Salam di Jember.

Sebelum napak tilas tersebut dimulai, lanjut dia, para guru dan siswa SMK Perikanan dan Kelautan Puger terlebih dahulu diberi ijazah wirid bacaan Ratibul Haddad yang pernah dibaca oleh KHR. As'ad dan para pelopor saat mengusir penjajah Jepang. 

"Napak tilas digelar untuk meneladani perjuangan Kiai As'ad yang juga pendiri dan pengasuh kedua Ponpes Sukorejo, Situbondo, saat mengusir tentara Jepang yang markasnya ada di Garahan, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember," tuturnya.

Napak Tilas tersebut diikuti oleh regu utama dari SMK Perikanan dan Kelautan Puger, Regu Pelajar SMA, SMP, SD di wilayah Kecamatan Sukowono yang menempuh perjalanan dari Sukowono dan singgah di Pos II Ponpes Miftahul Ulum Desa Glagah Wero Kecamatan Kalisat menuju Ponpes Miftahul ulum Kecamatan Ledokombo.

Ketua Panitia Napak Tilas dari SMK Perikanan dan Kelautan Puger Imam Suyono mengatakan kegiatan tersebut digelar karena KHR As'ad Syamsul Arifin seorang ulama yang mashur dan termasuk pahlawan nasional, sehingga untuk mengenang jasa-jasanya dalam mengusir penjajah.

"Kami juga berharap  para siswa -siswi SMK Perikanan dan Kelautan Puger yang pendidikannya  berintegrasi dengan pondok pesantren dapat meneladani dan mengenang bahwa kekuatan spritualitas ulama mampu mengusir penjajah sehingga Indonesia merdeka," tuturnya.

Sementara Danramil 0824/04 Sukowono Kapten Inf Jarwo Adi mengatakan pihak Koramil sangat mendukung napak tilas perjuangan pahlawan nasional KHR As'ad dalam rangka mengenang rute perjuangan pahlawan bangsa tersebut.

"Hal ini juga sekaligus untuk memantapkan rasa bela negara kepada masyarakat dan generasi muda bahwa bangsa Indonesia merdeka dari hasil perjuangan para pahlawan termasuk tokoh ulama," katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir dari University of California Michelle Phillips yang ingin melihat langsung perjalanan pahlawan Nasional KHR. As'ad Syamsul Arifin dari Kecamatan Sukowono menuju Silo.

Napak tilas dilaksanakan 26 - 27 Agustus 2017 dengan start dari Ponpes Raudlatul Ulum, Sumber Wringin, Kecamatan Sukowono, Jember, menuju finish di Garahan, Kecamatan Silo, Jember, sejauh 55 kilometer.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017