Situbondo (Antara Jatim) - Bagi anda yang sedang bepergian ke Kabupaten Situbondo, Jawa Timur tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Kota Santri yang satu ini, yaitu bubur bumbu rujak atau warga Situbondo menyebutnya "tajhin palappa".

Tajhin palappa ini merupakan sejenis bubur ayam, namun perbedaannya tajhin palappa merupakan bubur yang bumbunya menggunakan bumbu rujak seperti kacang goreng, petis ikan, petis udang dan garam serta gula serta cuka.

Sebelum bubur disajikan, terlebih dahulu bumbu rujak diaduk hingga halus dan selanjutnya bubur juga ditaburi sayur kangkung dan sayuran lainnya serta tahu setengah matang dipotong kecil.

Kemudian, "palappa" atau bumbu rujak disiramkan diatas bubur yang sudah dipenuhi sayuran kangkung dan tahu setengah matang tersebut dan Tajhin Palappa pun siap disajikan.

Tajhin palappa merupakan makanan khas di Kabupaten Situbondo, ini biasanya menjadi menu sarapan pagi bagi masyarakat sebelum berangkat bekerja. Dan karenanya para pedagang makanan khas tajhin palappa menjualnya di pagi hari.

Salah satu pedagang tajhin palappa di Jalan Dipenogoro, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota Situbondo, Ibu Isya mengaku sudah bertahun-tahun menjual tajhin palappa dan pelanggannya mayoritas karyawan swasta dan pegawai negeri sipil.

"Biasanya yang sarapan pagi tajhin palappa itu karyawan toko dan sebagian juga pegawai negeri. Dan setia satu porsi tajhin palappa saya menjualnya Rp4.000," katanya.

Jika anda bepergian ke Situbondo dan berminat mencicipi makanan khas ini, dengan mudah anda bisa menemukan pedagang tajhin palappa di jalan raya perkotaan dan juga di perkampungan Kota Situbondo. (*) 
Video Oleh: Novi Husdinariyanto

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017