Sidoarjo (Antara Jatim) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur akan menggunakan alat berat berupa eskavator untuk membantu mengambil sampah yang ada di sungai Gedangan, Sidoarjo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Sigit Setyawan, Senin mengatakan, selama beberapa hari terakhir pihaknya menggunakan tenaga manual tangan untuk memungut sampah dari dalam sungai.

"Tetapi kondisinya cukup banyak dan kiriman sampah dari hulu sungai terus berdatangan. Akhirnya kami harus menggunakan alat berat untuk mengatasi permasalah sampah di Gedangan ini," ujarnya di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan lintas sektoral terkait dengan penanganan sampah, khususnya sampah rumah tangga ini.

"Termasuk juga menyiapkan program "Sidoarjo Peduli Sungai" sebagai upaya mengatasi permasalahan sampah di sungai," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya program tersebut diharapkan masyarakat menjadi lebih sadar tidak membuang sampah di sungai.

"Karena kami tidak mungkin terus menerus melaksanakan tindakan represif dengan mengambil sampah di dalam sungai. Jadi apa bedanya dari Dinas Pengairan dengan Dinas Kebersihan," katanya.

Ia mengatakan, saat ini sebagian sungai di Sidoarjo juga sudah dilakukan pembersihan sampah supaya aliran sungai menjadi lebih lancar.

"Dan khusus di Gedangan ini harus ditangani dengan ekstra ketat, karena selain sedimennya tinggi, banyaknya jembatan juga membuat aliran di sungai ini menjadi tersendat," ujarnya.

Ia mengatakan, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai menjadi salah satu upaya untuk membantu mengurangi banyaknya sampah rumah tangga di dalam sungai ini.

"Kami berharap, masyarakat menjadi sadar kalau membuang sampah di sungai ini harus dihindari. Buanglah sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan," ucapnya.(*)
Video oleh: Indra Setiawan

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017