Situbondo (Antara Jatim) - Satu dari tiga pelaku pencurian di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis siang babak belur dihajar massa setelah sebelumnya beraksi mencuri uang jutaan rupiah di sebuah toko milik warga setempat.

"Modus tiga pelaku pencurian toko milik Hj Faizah (45) warga Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan itu salah satu dari tersangka berpura-pura menjadi pembeli sedangkan dua pelaku lainnya beraksi mengambil paksa tas berisi uang milik korban," ujar Kasat Reskrim Polres Situbondo, AKP I Gede Lila Buana Arta di Situbondo.

Satu pelaku yang berhasil ditangkap oleh puluhan warga setempat, lanjut dia, berinisial Budi Hartono (30) warga Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Pelaku yang berpura-pura jadi pembeli ini ditangkap di Desa Silowogo, Kecamatan Bungatan langsung dihajar oleh massa.

Sedangkan dua pelaku lainnya yang diketahui bernama Nuh dan Hayin, katanya, berhasil melarikan diri menggunakan sepeda motor dan hingga saat ini masih dalam pengejaran warga dan petugas.

"Setelah mendapatkan laporan penangkapan pelaku pencurian di siang hari itu, polisi langsung mengamankan satu tersangka guna menghindari amukan massa," katanya.

Selain menangkap satu pelaku, menurut Gede, polisi juga menyita barang bukti uang sekitar Rp5 juta yang diduga hasil curian serta satu unit sepeda motor milik pelaku yang digunakan beraksi mencuri. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017