Mojokerto (Antara Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto, Jawa Timur, memberikan kemudahan kepemilikan rumah melalui program Manfaat Layanan Tambahan (MLT) kepada peserta.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Mojokerto, Suwandoko, Rabu mengatakan manfaat yang diberikan ini mulai dari peserta, perusahaan hingga ke developer atau pengembang khususnya yang membangun rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung hingga 99 persen dari harga rumah yang dibeli pekerja dimana mekanisme pembiayaan tersebut juga masuk dalam kepengurusan dengan bank penyalur yang sudah bekerja sama saat ini, yakni Bank Tabungan Negara (BTN)," katanya dalam sosialisasi program MLT di salah satu rumah makan di Mojokerto.

Ia mengatakan, dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto dan wilayah Kabupaten Jombang serta BTN selaku salah satu narasumber yang bertujuan untuk peningkatan manfaat lainnya kepada peserta.

"Manfaat layanan tambahan ini ditujukan kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan, guna peningkatan kesejahteraan pekerja yang khususnya belum memiliki rumah agar mendapatkan keringanan angsuran maupun uang muka dari BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Ia menjelaskan, adapun fasilitas pembiayaan yang ditawarkan tersebut dalam empat jenis program, yakni pinjaman uang muka perumahan (PUMP), pinjaman renovasi perumahan (PRP), kredit kepemilikan rumah dan kredit konstruksi.

"Untuk KPR, terdapat dua jenis peruntukannya, yakni KPR Subsidi bagi masyarakat pekerja yang berpenghasilan rendah, dan KPR nonsubsidi," ujarnya.

Ia menjelaskan, KPR subsidi diberikan untuk rumah dengan harga sesuai ketentuan pemerintah, dengan maksimal pembiayaan KPR plus pinjaman uang muka sampai 99 persen.

"Adapun agenda sosialisasi, di samping memberikan informasi terhadap manfaat layanan tambahan (MLT) BPJS Ketenagakerjaan ini juga mengedukasi peserta perusahaan supaya tertib dalam melaporkan data tenaga kerjanya sesuai dengan ketentuan perundangan yang ada," ujarnya.

Di antaranya, lanjut dia, perusahaan melaporkan data upah yang sebenarnya dengan mengacu ketentuan minimal UMK, serta perusahaan mendaftarkan seluruh pekerjanya kedalam program BPJS Ketenagakerjaan secara lengkap sesuai skala perusahaan.

"Berbagai manfaat tersebut tentunya diharapkan supaya masyarakat pekerja semakin mudah untuk memiliki rumah. Fasilitas ini kami harapkan dapat terjangkau manfaatnya kepada seluruh peserta perusahaan dimana tenaga kerja bekerja, tentunya perusahaan yang berkomitmen dalam peningkatan mutu SDM nya yang pasti telah tertib administrasi," ujarnya.

Sementara itu, Minhad selaku HRD Manager dari PT Venezia berharap agar kegiatan ini benar benar dapat dirasakan manfaatnya bagi pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami berharap BPJS Ketenagakerjaan dalam menjembatani kesejahteraan pekerja dapat memberikan yang terbaik lagi dan terus meningkatkan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pekerja," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017