Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Turki guna mendukung berbagai bidang pembangunan di Surabaya antara lain sektor ekonomi dan pembangunan konstruksi.
     
"Salah satu jalinan kerja sama terdekat yang akan dibangun kedua belah pihak yakni sektor ekonomi," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat melakukan pertemuan dengan Duta Besar Turki untuk Indonesia, M.K. Sander Gurbuz di Balai Kota Surabaya, Rabu. 

Menurut dia, Presiden RI Jokowi Widodo saat melakukan kunjungan ke Turki beberapa waktu menyampaikan akan ada "free trade zone area" (perdagangan bebas) yang akan berimbas kepada kedua negara.

Tentunya, lanjut dia, pelabuhan di Surabaya sudah mempersiapkan diri agar nantinya bisa dimasuki kapal-kapal besar dari Turki. "Maka besar kemungkinan koneksi perdagangan berjalan lancar di antar kedua negara," ujar Risma. 

Tidak hanya itu, Risma mengatakan apabila kerja sama itu bisa terbangun akan mempercepat pendistribusian barang dari Turki ke Surabaya, begitu pula sebaliknya. Cara ini dinilai baik karena jalur distribusi tidak perlu lagi singgah di Singapura tetapi langsung ke Surabaya. 

"Ini akan memangkas biaya dan pastinya lebih murah," ujarnya. 

Tidak berhenti sampai di situ, Pemkot Surabaya dan Turki akan terus melakukan korespondensi serta upaya-upaya pembuatan usulan kerja sama lain salah satunya menjalin kerja sama di bidang konstruksi. 

"Pembangunan konstruksi di Turki sangat luar biasa dan mereka gencar membangun MRT dan masih banyak lagi," katanya.

Sementara itu, Dubes Turki untuk Indonesia M.K. Sander Gurbuz mengatakan Surabaya bisa mengambil peran penting di sektor ekonomi karena pelabuhannya sudah berstandart international. 

Selain itu, lanjut dia, Surabaya telah melakukan kerja sama kota kembar atau sister city dengan kota terbesar kedua di Turki yaitu, Ishmir. "Kita bisa meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi lebih cepat," ujarnya. 

Rencananya, dalam waktu dekat, Sander menawarkan Risma berkunjung ke Turki untuk melihat kemungkinan-kemungkinan atau peluang kerja sama yang lebih dalam antara Surabaya dan Turki. (*)
Vide oleh: Abdul Hakim


Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017