Sidoarjo (Antara Jatim) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, aktif menyosialisasikan pendataan terkait dengan urbanisasi penduduk nonpermanen usai Lebaran seperti sekarang ini.

Kasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Rudi Setiawan, Kamis mengatakan, dengan adanya sosialisasi kepada masing-masing desa tersebut diharapkan bisa membantu pendataan terhadap penduduk nonpermanen.

"Saat ini kami memang masih kesulitan untuk melakukan pendataan terharap penduduk nonpermanen yang ada di Sidoarjo," ujarnya di Sidoarjo.

Oleh karena itu, dengan adanya sosialisasi tersebut nantinya pihak desa sampai dengan RT bisa melaporkan kepada dinas untuk membantu mengiformasikan keberadaan masyarakat nonpermanen tersebut.

"Selain itu, kami juga mendorong kepada penduduk nonpermanen supaya memiliki kesadaran diri untuk memberitahukan keberadaannya di masing-masing pemerintahan desa setempat," ujarnya.

Ia menjelaskan, penduduk nonpermanen yang dimaksud seperti orang yang indekos, tinggal bersama dengan saudaranya atau juga penduduk yang mengontrak rumah.

"Penduduk ini adalah mereka yang berdomisili dari daerah asal, berkartu tanda penduduk daerah asal tetapi tinggal di Sidoarjo," ucapnya.

Ia mengatakan, secara data yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo sampai dengan Rabu (5/7) jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 2.236.489 orang.

"Dari jumlah tersebut jumlah laki-laki sebanyak 1.128.266 orang dan perempuan 1.108.263 orang," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017