Pamekasan, (Antara Jatim) - Jalur mudik di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur pada Selasa atau "H-5" Hari Raya Idul Fitri terpantau mulai terjadi kemacetan arus lalu lintas hingga menyebabkan antrean kendaraan bermotor sekitar satu kilometer.

Jalur lalu lintas yang macet itu sekitar 12 kilometer ke arah timur Kota Pamekasan, yakni di Jalan Raya Larangan, Pamekasan, terutama akibat pasar tumpah.

Kemacetan arus lalu lintas di jalur utama penghubung empat kabupaten di Pulau Madura ini terjadi mulai pukul 11.30 WIB dan hingga 13.20 WIB masih berlangsung.

"Saya sudah lebih dari satu jam antre seperti ini," kata pengendara asal Malang yang hendak mudik ke Sumenep, Cahyanto, Selasa siang.

Kemacetan arus lalu lintas di Jalan Raya Larangan, Pamekasan ini disebabkan adanya pasar tumpah di Pasar Sapi di Dusun Keppo, Desa Polagan, Kecamatan Galis, Pamekasan.

Banyak mobil pengangkut sapi yang parkir sembarangan di pinggir jalan raya, sehingga memacetkan arus lalu lintas.

Tidak hanya itu saja, sebagian pedagang bahkan ada yang bertransaksi di pinggir jalan raya, sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Terlihat ada empat orang petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Polres Pamekasan dan Satuan Polisi Pamong Praja, namun mereka tidak mampu mengatasi keadaan.

Aksi saling serobot antarpengemudi untuk saling mendahului di pertigaan pasar sapi itu, menyebabkan kemacetan arus lalu lintas semakin parah.

"Kami masih mengomunikasikan dengan petugas kepolisian Polres Pamekasan, terkait kemacetan di Pasar Keppo itu. Tadi memang ada informasi yang disampaikan masyarakat kepada kami," kata petugas relawan dari Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) Zaini Zen.

Pasar Sapi Keppo, di Jalan Raya Larangan, Pamekasan merupakan salah satu titik rawan macet di jalur mudik Pamekasan.

Selain Pasar Keppo, jalur mudik lainnya yang juga rawan macet di Kabupaten Pamekasan ialah di Jalan Raya Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

"Tapi kalau di Ambat, kami sudah mendirikan pos pantau khusus, sehingga jika terjadi kemacetan bisa segera tertangani petugas," kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Pamekasan Kompol Sarpan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017