Surabaya (Antara Jatim) - Sebanyak 74 siswa pandu anggkatan ke- 39 tahun 2017 di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menjalani praktik pemanduan di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), yang merupakan wilayah PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III.
     
"Mereka akan menjalani praktik pemanduan selama 510 jam atau sekitar dua bulan untuk minimal melakukan pemanduan 90 kapal di wilayah PT Pelindo III," ujar General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya Joko Noerhuda, kepada wartawan di Surabaya, Selasa.
     
Dia merasa terhormat menjadi tuan rumah bagi siswa pandu angkatan ke- 39.
     
Menurut dia, sudah menjadi tradisi PT Pelindo III tempat penimpaan lapangan bagi para siswa pandu setelah mendapatkan materi teori di sekolahnya. 
     
"Tingkat kerumitan kepanduan di Pelabuhan Tanjung Perak memang sangat kompleks. Dari sisi geografis, alur APBS mempunyai alur yang cukup panjang sekitar 43,6 kilometer dan juga cukup sempit karena banyak kapal yang beraktifitas di alur dan kolam," katanya. 
     
Karenanya dia menilai  Pelabuhan Tanjung Perak sangat tepat menjadi candradimuka bagi para siswa pandu untuk mengasah praktik pemanduan.
     
Dia berharap selama di Tanjung Perak para siswa pandu bisa mendapat dua pelajaran, yaitu selain pemanduan juga mempelajari pelayanan terminal.
     
"Jadi selain mendapatkan praktik pemanduan yang baik, juga belajar tentang pelayanan terbaik yang sedang kita galakkan bagi pengguna jasa," katanya. 
     
Dengan begitu ketika kembali ke tempat tugas masing-masing, mereka dapat mempraktikkan pemanduan dengan baik sekaligus memberikan jasa pelayanan yang lebih bagus.
     
"Selama di melaksanakan praktik di Pelabuhan Tanjung Perak agar mengikuti arahan-arahan dari senior dan pembimbing sehingga dapat dilakukan dengan benar," tuturnya.
     
Direktur Kepelabuhanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Mauritz H.M. Sibarani mengatakan siswa pandu angkatan ke- 39 merupakan yang terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. 
     
"Biasanya pada angkatan tahun-tahun sebelumnya siswa pandu hanya berjumlah 30-an orang. Angkatan tahun ini berjumlah 74 orang," katanya.
     
Dia berharap para siswa pandu dapat menyerap ilmu dari praktik pemanduan di wilayah PT Pelindo III sebaik-baiknya. 
     
"Karena peran pandu di laut adalah berhadapan dengan keselamatan pelayaran kapal," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017