Sumenep (Antara Jatim) - Sejumlah pulau di Kabupaten Sumenep menjadi sasaran atau tujuan dari program mudik dan balik gratis yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada masa Lebaran 2017.

"Pemprov Jawa Timur kembali memprogramkan program mudik dan balik gratis di angkutan penyeberangan dan laut dan Sumenep menjadi sasaran dari program tersebut," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Sustono di Sumenep, Jumat.

Sesuai data di Dishub Sumenep, rute program kapal mudik dan balik gratis Lebaran 2017 yang disiapkan Pemprov Jawa Timur adalah Jangkar-Raas (Sumenep), Kalianget-Kangean (Sumenep), Banyuwangi-Sapeken (Sumenep), dan Surabaya-Masalembu (Sumenep).

Program kapal mudik dan balik gratis di jalur Jangkar-Raas itu dijadwalkan pada 17-18 Juni dan 3-4 Juli.

Sementara di jalur Surabaya-Masalembu pada 18-23 Juni dan 27 Juni-2 Juli, Banyuwangi-Sapeken pada 19-24 Juni dan 27 Juni-4 Juli, dan Kalianget-Kangean pada 19-24 Juni dan 27 Juni-2 Juli.

"Jadwal pelayaran kapal mudik dan balik gratis di jalur Jangkar-Raas sebanyak 6 kali pulang pergi (PP), Surabaya-Masalembu 6 kali PP, Banyuwangi-Sapeken 7 kali PP, dan Kalianget-Kangean 12 kali PP," kata Sustono, menerangkan.

Selain angkutan penyeberangan dan laut, Sumenep juga menjadi tujuan atau sasaran program mudik-balik gratis di jalur angkutan darat yang digagas Pemprov Jawa Timur.

Sustono menjelaskan, Pemprov Jawa Timur menyiapkan empat armada untuk program bus mudik-balik gratis di rute Surabaya-Sumenep PP.

"Untuk program bus mudik gratis dari Surabaya ke Sumenep dijadwalkan pada 22-23 Juni dan bus balik dari Sumenep ke Surabaya pada 1 Juli," ujarnya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017