Pamekasan (Antara Jatim) - Badan Amil Zakat (BAZ) Pamekasan, Jawa Timur menyediakan santunan sebanyak 13.000 paket kebutuhan bahan pokok untuk warga miskin dan anak yatim pada bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah ini.

"Ke-13.000 paket sembako ini merupakan hasil penggalangan zakat, infaq dan sedekat dari para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Pamekasan selama ini," kata Ketua BAZ`Pamekasan Halil di Pamekasan, Senin malam.

Halil mengemukakan hal ini, menjelaskan hasil pengumpulan zakat, infaq dan sedekat yang dilakukan badan amil zakat itu yang akan didistribusikan kepada warga yang berhak pada Ramadhan kali ini.

Penyaluran zakat itu, kata Halil, akan dilakukan oleh Bupati Pamekasan Achmad Syafii dalam kegiatan Safari Ramadhan yang digelar 13 kecamatan selama Ramadhan.

"Mulai tadi, penyaluran telah dilakukan, dalam acara safari Ramadhan di Kecamatan Pasean dan Kecamatan Batumarmar," katanya, menjelaskan.

Paket sembako yang disalurkan langsung bupati kepada anak yatim dan fakir miskin di dua kecamatan itu, berupaya 5 kilogram beras dan sejumlah uang.

Bupati berharap, paket kebutuhan bahan pokok yang merupakan hasil pengumpulan Baz Pamekasan itu bisa membantu meringankan beban warga miskin dan anak yatim, khususnya di bulan suci Ramadhan, sehingga mereka bisa menunaikan ibadah puasa dengan sempurna.

"Bingkisan ini dari Baz Pamekasan dan kita salurkan kepada warga yang berhak menerimanya," ujar bupati.

Jumlah paket sembako yang berhasil dikumpulkan Baz Pamekasan sebanyak 13.000 paket itu sama dengan jumlah yang disalurkan tahun lalu.

"Jika dirupiahkan, dana yang terkumpul di Baz Pamekasan dan kami salurkan pada Ramadhan kali ini kepada warga yang berhak menerimanya ialah sekitar Rp650 juta," kata Ketua Baz Pamekasan Halil menjelaskan. 

Selain dalam bentuk bantuan paket sembako, pendistribusian zakat oleh Baz Pamekasan ini juga dalam bentuk zakat produktif, yakni berupa bantuan modal usaha dan beasiswa. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017