Surabaya, (Antara Jatim) - PT Petrokimia Gresik (PG) memperluas penetrasi pasar bahan pertanian melalui penambahan gerai Petromart di enam daerah Jawa Timur, yang menjual segala produk pertanian dan riset perusahaan.

"Pengembangan Petromart di enam daerah merupakan salah satu bentuk penetrasi pasar dan sebagai usaha perusahaan untuk mendekatkan diri dengan konsumen serta memberikan pelayanan yang lebih baik lagi," kata  Direktur Teknik dan Pengembangan (Dirtekbang) Petrokimia Gresik, Arif Fauzan dalam keterangan persnya di Surabaya, Sabtu.

Arif mengatakan enam daerah pengembangan Petromart antara lain di Kota Probolinggo, Pasuruan, Bondowoso, Tuban, Batu, dan Malang.

L"Pengembangan Petromart di enam daerah ini melengkapi Petromart yang sudah ada terlebih dahulu di Gresik (2015), Bojonegoro (2016) dan Nganjuk (2017)," katanya.

Dengan pengembangan enam daerah ini, kata Arif, total Petrokimia Gresik kini memiliki sembilan Petromart yang seluruhnya berada di Jawa Timur.

"Petromart merupakan gerai atau toko pertanian yang menjual secara retail produk pupuk non-subsidi dan produk pengembangan Petrokimia Gresik group seperti produk hayati, benih, produk olahan pangan, serta pestisida," tuturnya.

Ia berharap, kehadiran Petromart tidak sekedar menjual kebutuhan sarana produksi pertanian, melainkan juga menyediakan layanan konsultasi bagi konsumen, dan juga solusi terhadap berbagai masalah pertanian.

"Petromart siap menerima konsultasi konsumen terkait aplikasi produk, rekomendasi pemupukan, pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan sebagainya," ujar Arif, menjelaskan.

Sebelumnya sejak pertama kali diluncurkan, kata Arif, Petromart mendapat tanggapan positif dari masyarakat, sebab selain menjawab kebutuhan petani di desa, Petromart juga menyasar kebutuhan pertanian dan perkebunan masyarakat perkotaan (urban farming).

"Berdasarkan analisa usaha atau 'feasibility study' Petromart sangat layak untuk dikembangkan menjadi suatu entitas bisinis di daerah," ucapnya.

Sementara itu, perluasan Petromart dilakukan dengan menggandeng Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) yang mengelola Petromart di Probolinggo, Pasuruan, Bondowoso, Tuban dan Batu.

Sedangkan Petromart di Kabupaten Malang dikelola oleh PT Gresik Cipta Sejahtera (GCS) yang juga masih satu grup dengan Petrokimia Gresik.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017