Sumenep (Antara Jatim) - Sebanyak 64 anggota Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, Kamis, siaga di lima gereja setempat yang menyelenggarakan ibadah Perayaan Kenaikan Isa Almasih.

"Jumlah personel di masing-masing gereja itu tidak sama atau menyesuaikan dengan kondisi di lapangan," kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi di Sumenep.

Sebelumnya, polisi memang berkoordinasi dengan pimpinan atau pengurus di lima gereja yang akan menyelenggarakan ibadah Perayaan Kenaikan Isa Almasih.

Sesuai data dari Polres Sumenep, terdapat lima gereja yang jemaatnya akan melaksanakan ibadah Perayaan Kenaikan Isa Almasih, yakni empat gereja di Kecamatan Kota dan satu di Kalianget.

Sebanyak 17 personel siaga di Gereja Katolik Maria Gunung Karmel, 16 personel di Gereja Pantekosata Indonesia, dan 15 personel di Gereja Bethel Indonesia.

Selanjutnya di Gereja Panthekosta Serikat Indonesia sebanyak 10 personel dan GPIB Pancaran Kasih di Kalianget sebanyak 6 orang.

"Mereka yang bertugas mengamankan pelaksanaan ibadah Perayaan Kenaikan Isa Almasih di lima gereja tersebut merupakan gabungan anggota Polres Sumenep dan Polsek Kalianget," kata Suwardi, menerangkan.

Pengamanan pelaksanaan ibadah Perayaan Kenaikan Isa Almasih itu terdiri atas pengamanan terbuka dengan menugaskan personel berseragam dinas dan pengamanan tertutup dengan menerjukan personel berseragam sipil.

Polisi juga melakukan sterilisasi di bagian dalam dan luar gereja dengan menggunakan alat deteksi kaca dan logam guna memastikan tidak ada barang atau benda berbahaya. 

"Kegiatan yang kami lakukan, termasuk sterilisasi, itu dalam rangka pengamanan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaat, dan semuanya sudah dikoordinasikan dengan pengurus gereja," ujarnya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017