Bondowoso (Antara Jatim) - Bupati Bondowoso Amin Said Husni mengemukakan ketersedian bahan pokok aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2017.

"Setelah kami melakukan pemantauan di sejumlah distributor sembako dan toko-toko besar untuk kebutuhan bahan pokok menjelang puasa bisa dipastikan aman atau cukup," katanya di sela melakukan inspeksi mendadak di sejumlah toko dan distributor sembako di Bondowoso, Jawa Timur, Rabu.

Ia mengemukakan, selain melakukan pemantauan di toko-toko dan distributor sembako juga telah melakukan pemantauan di stasiun pengisian bahan bakar elpiji (SPBE) termasuk juga ke gudang Badan Urusan Logistik (Bulog).

Inspeksi mendadak atau sidak ini, katanya, tidak lain guna memastikan suplai kebutuhan bahan pokok jelang Ramadhan dan Lebaran jumlahnya cukup serta kualitasnya bagus dan tujuan lainnya memastikan harga stabil.

"Sementara di gudang Bulog Bondowoso setelah kami melakukan pengecekan, stok bahan pangan juga cukup hingga lebaran nanti. Jadi bisa dipastikan stok bahan pokok aman," katanya.

Sementara Kepala Sub-Divisi Regional Bulog Bondowoso Adhekan mengatakan, stok bahan pokok cukup untuk didistribusikan lewat pasar murah.

Sedangkan stok beras di Bulog Bondowoso, lanjut dia, saat ini tersedia sebanyak sekitar 35 ribu ton, gula sekitar 7 ribu ton, tepung terigu lebih dari 2 ribu ton dan minyak goreng sekitar 4000 liter.

"Jumlah tersebut mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat Bondowoso hingga lebaran nanti. Kami memastikan bahwa tidak akan ada lonjakan harga bahan pokok jelang Ramadhan hingga Lebaran karena stok komoditas bahan pokok tercukupi," ucapnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017