Surabaya (Antara Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Utama Surabaya mendukung pelaksanaan "Surabaya Health Season" 2017 dalam rangka hari jadi ke-724 Kota Surabaya.

Kepala BPJS Kesehatan KCU Surabaya Mokhamad Cucu Zakaria, Minggu, mengatakan pihaknya turut ambil bagian memeriahkan SHS 2017 yang diselenggarakan mulai tanggal 30 April-31 Mei 2017.

"Pemerintah Kota Surabaya merupakan pemerintah daerah yang sangat peduli dengan kesehatan warganya. Terbukti dengan diadakannya Surabaya Health Season setiap tahun, serta telah dilakukannya integrasi jaminan kesehatan warga yang tidak mampu dalam program JKN-KIS sejak tahun 2014," ujarnya.

Ia mengemukakan bentuk dukungan tersebut pada kegiatan SHS 2017 ini, BPJS Kesehatan menambah akses layanan pendaftaran peserta di beberapa pusat perbelanjaan.

"Pendaftaran tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu selama bulan Mei 2017, bersama dengan layanan kesehatan yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan," ujarnya.

Ia menambahkan beberapa pusat perbelanjaan tersebut, di antaranya adalah ITC, Galaxy Mall, Tunjungan Plaza, PTC dan juga di Royal Plaza.

"Sampai dengan April 2017, jumlah warga Surabaya yang telah didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS oleh Pemerintah Kota Surabaya sebesar 289.251 dan total jumlah warga Surabaya yang telah menjadi peserta JKN-KIS sebesar 2.361.177," urainya.

Lebih lanjut Cucu menjelaskan bahwa keterlibatan BPJS Kesehatan dalam "Surabaya Health Season" karena kegiatan ini selaras dengan upaya-upaya yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan melalui kegiatan promotif dan preventif.

"Yaitu deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asetat) di Puskesmas, promosi gaya hidup sehat kepada masyarakat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)," jelasnya.

Germas tersebut, kata dia, dilaksanakan oleh fasilitas kesehatan utamanya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dengan kegiatan penyuluhan kesehatan kepada peserta.

"Serta skrining riwayat kesehatan untuk mengetahui resiko peserta terhadap penyakit kronis (Diabetes Mellitus, Hipertensi, Gagal Ginjal Kronis, dan Jantung)," katanya.

Ia menyebutkan khusus program skrining riwayat kesehatan sendiri bisa diakses oleh peserta melalui aplikasi BPJS Kesehatan mobile yang bisa diunduh di play store dan bisa langsung diketahui hasilnya saat itu juga.

Cucu menambahkan saat ini jumlah fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di wilayah Kota Surabaya di antaranya 62 Puskesmas, 33 Dokter Umum, 10 Dokter Gigi, 69 Klinik Pratama, 20 Klinik TNI, 5 Klinik Polri, 32 Apotek Rujuk Balik, 36 Rumah Sakit dan 4 Klinik Utama.

"BPJS Kesehatan bersama dengan fasilitas kesehatan berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan kepada peserta untuk mewujudkan jaminan kesehatan yang berkualitas dan berkesinambungan," tukasnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017