Magetan (Antara Jatim) - Naskah soal ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) tingkat SMP sederajat di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, telah didistribusikan dan disimpan di masing-masing kantor polsek guna menghindari kebocoran. 
     
"Semuanya telah didistribusikan dan disimpan di masing-masing polsek. Dari 18 kecamatan yang ada di Magetan, khusus untuk wilayah Kecamatan Sidorejo penyimpanan naskah soalnya digabung dengan Polsek Plaosan," ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Magetan Yussy Hermawan kepada wartawan di Magetan, Sabtu.
     
Menurut dia, naskah soal tersebut disimpan di polsek demi pertimbangan keamanan. Hal itu perlu dilakukan karena ujian hari pertama baru dilaksanakan pada Selasa tanggal 2 Mei pekan depan. 
     
Secara keseluruhan ada sebanyak 148 dus berisi naskah soal UNKP untuk wilayah Magetan. Naskah tersebut telah tiba di Magetan pada Rabu (26/4) lalu. 
     
Dokumen itu dikirim dari Surabaya dan langsung disimpan di aula Polres Magetan dalam waktu semalam. Saat penyimpanan tersebut aula dikunci, disegel, dan dijaga ketat. 
     
Baru hari Kamis (27/4) dilakukan penyortiran oleh setiap kelompok sekolah yang didampingi petugas polsek. Penyortiran soal disesuaikan dengan kebutuhan siswanya. Setiap sekolah menerima lebih dari satu dus per mata pelajaran. 
     
"Alhamdulillah tidak ada kekurangan soal. Kebutuhan untuk SMP/MTs negeri dan swasta serta PKBM tercukupi semua," kata dia.
     
Setelah itu, soal langsung didistribusikan ke kantor polsek masing-masing dengan pengawalan ketat petugas polsek setempat.
     
Yussy menjelaskan, sesuai data dinas setempat, tahun ini ada 54 SMP yang melaksanakan UNKP. Rinciannya adalah 39 SMP negeri dan 15 SMP swasta. Sedangkan untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs), ada 18 MTs negeri dan 15 MTs swasta. Selain itu, ada tiga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang akan menggelar ujian paket B. 
     
Sementara, sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) ada empat, yakni SMP Negeri 1 Magetan, SMP Negeri 1 Maospati, SMP Negeri 1 Kawedanan, dan MTs Negeri Panekan. 
     
Sesuai rencana, ujian nasional tingkat SMP sederajat akan digelar selama empat hari pada tanggal 2, 3, 4, dan 8 Mei 2017.
     
Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah matematika, bahasa indonesia, bahasa Inggris, dan IPA. Selain itu ada ujian sekolah dengan mata pelajaran pendidikan agama, PPKn, dan IPS. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017