Jember (Antara Jatim) - PT Kereta Api Daerah Operasi 9 Jember menambah satu kereta kelas ekonomi pada rangkaian KA Mutaiara Timur siang dan malam jurusan Banyuwangi-Surabaya selama libur panjang pekan ini yang bertepatan dengan libur Hari Buruh Internasional.

"Akan ditambahkan satu kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 106 tempat duduk pada rangkaian KA Mutiara Timur pada libur panjang pekan ini," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya penambahan satu kereta di KA Mutiara timur tersebut untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang selama liburan karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, okupansi penumpang naik selama libur panjang.

"Harga tiket kelas ekonomi tentu berbeda dengan tiket kelas bisnis dan eksekutif yakni dibandrol dengan harga Rp100.000, sedangkan untuk kelas bisnis dan eksekutif menggunakan tarif batas bawah hingga batas atas," tuturnya.

Untuk sejumlah rangkaian KA lain yang beroperasi di wilayah Daop 9, lanjut dia, tidak ada penambahan kereta karena PT KAI Daop 9 Jember sudah memaksimalkan jumlah rangkaian kereta yang ada sesuai daya angkut lokomotif.

"Terjadi peningkatan jumlah penumpang selama libur panjang pekan ini karena jumlah tiket yang terjual rata-rata sudah mencapai 90 persen untuk KA Mutiara Timur siang dan malam, KA Probowangi, KA Sritanjung, KA Ranggajati, dan KA Logawa. Bahkan tiket habis terjual untuk keberangkatan sejak hari Jumat (28/4), Sabtu, dan Senin (1/5)," katanya.

Di wilayah Daop 9 Jember setiap hari terdapat tujuh keberangkatan KA jarak jauh yakni KA Mutiara Timur siang dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, kemudian KA Mutiara Timur malam dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, KA Sri tanjung dengan relasi Banyuwangi - Lempuyangan Yogyakarta, KA Probowangi dengan relasi Banyuwangi - Surabaya.

Kemudian KA Tawang alun dengan relasi Banyuwangi - Malang, KA Logawa dengan relasi Jember - Purwokerto, dan  KA Rangga jati dengan relasi Jember - Cirebon, serta KA lokal sebanyak empat kali perjalanan yaitu KA lokal Pandan wangi relasi Jember - Banyuwangi. 

"PT KAI melayani pemesanan tiket pada H-90 keberangkatan untuk sejumlah kereta jarak jauh seperti KA Ranggajati, KA Logawa, KA Mutiara Timur siang dan malam, KA Sritanjung, KA Tawang alun, dan KA Probowangi. Sedangkan pemesanan tiket kereta lokal KA Pandanwangi bisa dilakukan H-7 sebelum keberangkatan," ujarnya.

Salah seorang penumpang KA Mutiara Timur siang Adriana mengaku sudah memesan tiket sepekan yang lalu untuk berlibur ke rumah saudaranya di Surabaya, sehingga tidak kehabisan tiket.

"Bepergian menggunakan moda transportasi kereta api menjadi pilihan masyarakat karena nyaman selama perjalanan dan bebas macet, sehingga banyak warga yang menggunakan jasa transportasi kereta liburan panjang pekan ini," katanya.(*)
     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017