Surabaya (Antara Jatim) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemerintah Kota Surabaya menargetkan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) di tiap-tiap kecamatan akan selesai pada akhir 2017.
      
Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Suharto Wardoyo, di Surabaya, Jumat, mengatakan pihaknya kembali membuka layanan pencetakan KTP-E mulai bulan ini setelah ada kiriman blangko dari Kemendagri.

"Untuk tahap pertama kami mendapat sekitar 10.000 blangko," katanya.  

Padahal, lanjut dia, data print ready record masih sekitar 118.000. Jumlah itu belum termasuk 133 ribu KTP-E untuk warga yang telah mengurus Surat keterangan pengganti KTP-E.

"Tahap dua nanti ada lagi, kita menunggu kiriman blangko dari Kemendagri," katanya.

Suharto Wardoyo mengaku 10 ribu blanko KTP-E yang ada diperuntukkan bagi warga yang mengurus Surat Keterangan Pengganti KTP-E pada bulan Oktober–November 2016. 

"Surat keterangan itu kan berlaku selama 6 bulan," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya menargetkan proses pencetakan seluruhnya tuntas akhir 2017. Namun, ia mengakui proses pencetakan dilakukan secara bertahap. "Mudah-mudahan akhir tahun selesai," uajrnya.

Suharto mengatakan proses pencetakan KTP-E bisa dilakukan di beberapa kecamatan dan kantor Dispendukcapil Surabaya. Pencetakan di kecamatan dan Dispenduk proporsinya sesuai dengan permohonan yang masuk. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017