Gresik (Antara Jatim) - Desa Sambogunung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur masuk nominasi desa unggulan dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Nasional, kata Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto.

"Desa Sambogunung menjadi nominator pemenang karena tim penilai sudah melakukan cek ke lapangan dan dinilai cukup bagus," kata Sambari di Gresik, Kamis.

Sambari menjelaskan, sejak tahun 1976 Desa Sambogunung sudah menerapkan PHBS, sehingga mampu menjadi nominasi untuk maju ke tingkat nasional dalam lomba tahun 2017.

"Kami akui Desa Sambogunung ini sudah membiasakan diri untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sejak tahun 1976 silam. Hal itu dapat dibuktikan dengan sertifikat penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Gresik kepada Desa Sambogunung," katanya.

Menurut Sambari, masyarakat Desa Sambogunung telah mampu mengaplikasikan sepuluh indikator PHBS, di antaranya 100 persen persalinan ditangani tenaga kesehatan setempat, 100 persen bayi menerima asupan ASI Eksklusif, 100 persen bayi dan balita mengikuti program posyandu, serta warga telah menikmati air bersih.

"Desa ini juga sudah menerapkan kebersihan jamban melalui program Jamban Sehat, dan kami optimistis dapat meraih nilai terbaik dalam lomba nasional ini," katanya.

Sambari menekankan, menjadi yang terbaik bukanlah tujuan utama setiap desa di wilayah setempat, namun mampu menanamkan paradigma masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat di lingkungannya menjadi sangat utama. 

"Hal ini akan meningkatkan taraf kesehatan di Gresik, dan menjadi harapan Pemerintah Kabupaten Gresik," katanya.

Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim berharap lomba PHBS ini dapat memberi dampak positif bagi masyarakat di Gresik, dan memiliki kesadaran berperilaku hidup bersih dan sehat, serta bisa melahirkan kader yang bersih dan mumpuni.

Sementara itu, Ketua tim penilai lomba Kesatuan Gerak PKK drg Laksmi Dwi Astuti saat meninjau lokasi desa mengatakan perilaku hidup sehat yang telah diterapkan oleh warga Desa Sambogunung juga terlihat dari halaman warga yang telah dimanfaatkan secara maksimal, dengan tanaman obat dan sayur yang dapat menjadi sarana ketahanan gizi.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017