Surabaya (Antara Jatim) - Berwisata ke Klaten, Jawa Tengah akan banyak menemui pemandangan indah serta wisata kulinernya yang khas. Salah satu wisata kuliner khas daerah ini yaitu aneka soto. Klaten seperti halnya Lamongan di Jawa Timur dan Kudus di Jawa Tengah,  menyatu dengan nama daerahnya yang dapat dijuluki sebagai "Kota Soto".

Klaten merupakan kota kecil di tengah Solo dan Yogyakarta.  Menyusuri kawasan Klaten yang menyatukan Solo dan Yogyakarta ini,  akan mudah ditemui warung soto di sepanjang jalan, baik soto ayam maupun soto daging. Meski keduanya berbeda nama, tapi dua jenis kuliner ini sama-sama lezatnya.

Dari sekian banyak warung soto, ada Warung Soto  Seger Mbok Giyem di Jalan Mayor Kusmanto, kawasan Semangkak, Klaten Tengah, yang patut dijajal. Warung ini berada di jalur lingkar utara Kota Klaten dari Yogyakarta menuju Solo. Warung soto ini menawarkan soto daging sapi dengan aneka lauk pauknya.

Soto Seger Mbok Giyem sama seperti halnya soto yang ditawarkan warung soto di Klaten lainnya, yakni kuahnya bening. Bahkan, soto dari daerah ini tidak banyak sayur, tapi kaya cita rasa.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat soto daging khas Klaten di antaranya bawang merah, bawang putih, merica, garam, jahe, sereh, lengkuas daging, seledri, tauge,  dan lainnya.

Sesuai namannya, soto daging pasti banyak kuah. Soto daging khas Klaten selalu disajikan dengan mangkok dalam kondisi panas. Rasa sedap, gurih langsung menyeruak bersama uap kuah soto ketika awal penyajian. Tampak dalam sajian soto daging adalah kuah bening dengan potongan daging yang dibaluri tauge, bawang goreng dan daun selederi. 
 
Untuk bisa menikmati soto daging dari warung Mbok Giyem tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Semangkok soto daging dihargai Rp8.000. Sedangkan lauk pauknya tergantung macamnya. Ote-ote atau masyarakat setempat menamakan bakwan Rp1.000 biji, sate telur puyuh Rp4.000 per tusuk, dan sosis daging Rp3.000 per biji. Selain itu, ada pula tahu isi, tempe goreng, kerupuk, sate cingur sapi, dan lainnya.

Tapi, untuk bisa menikmati soto daging Mbok Giyem memang harus sedikit bersabar, karena sejak buka pada pagi hingga sore, pengunjung selalu berjejal.

Nah, mengunjungi Kota Klaten tidak hanya bisa berziarah ke makam Sunan Bayat atau Sunan Pandanaran, serta menikmati keelokan panorama puncak Merapi, tapi juga dapat menjajal segernya Soto Seger Mbok Giyem. Selamat mencoba ...(*)
Video oleh: Slamet Hadi Purnomo

Pewarta: Slamet Hadi Purnomo

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017