Surabaya (Antara Jatim) - Pelaksanaan Khataman Alquran narapidana hingga perlombaan olah raga tradisional mewarnai hari ulang tahun (HUT) ke-53 Pemasyarakatan tahun 2017.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Harun Sulianto,Kamis mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 Tahun 2017, berbagai kegiatan akan dilaksanakan oleh lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negera se-Jawa Timur.

"Di antaranya adalah khataman Alquran, lomba olahraga tradisional, Paskah bersama hingga bersih-bersih lingkungan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di ruang terbuka publik," katanya dalam keterangan pers.

Ia mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan ini akan dimulai pada awal pekan depan dan diawali dengan kegiatan bhakti sosial bersih-bersih lingkungan.

"Lokasinya adalah ruang terbuka publik seperti taman maupun alun-alun," ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini dipilih sebagai implementasi program pembinaan bagi para narapidana dengan mengintegrasikan ke dalam lingkungan masyarakat.

"Narapidana yang ikut adalah mereka yang tengah menjalankan program Asimilasi," tukasnya.

Berikutnya, lanjut dia, adalah khataman Alquran oleh WBP pada Kamis (20/4) pagi, dimana kegiatan ini diharapkan menjadi titik balik bagi narapidana agar menyadari kesalahannya dan memperbaiki diri.

"Teknisnya, pada saat mengaji dibentuk kelompok sebanyak 120 WBP sebagai pembaca utama untuk mengkhatamkan 30 juz minimal 1 kali," urainya.

Sedangkan WBP lain, kata dia, membaca Alquran masing-masing sehingga total khataman sebanyak 500 kali khatam. 

"Kalau ditotal lagi, maka jumlah WBP di seluruh Indonesia yang mengikuti khataman ini mencapai 5.000 orang," katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan lainnya seperti olahraga tradisional juga menjadi program dalam rangkaian HUT Pemasyarakatan kali ini dan berlangsung pada Jumat (21/4).

"Ada dua olahraga yang diagendakan yaitu gobak sodor dan lomba terompah panjang. Ini bentuk pembinaan kepribadian yang sifatnya rekreasional," katanya.

Ia menambahkan, di hari Minggu (23/4) pagi, akan dilaksanakan Paskah bersama antara pegawai dan WBP dengan penyampaian pesan Paskah oleh Menteri Hukum dan HAM secara langsung melalui aplikasi konferensi jarak jauh (teleconference) di masing-masing lapas atau rutan.

"Puncak acara yaitu upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan pada hari Kamis tanggal 27 April 2017," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017