Madiun (Antara Jatim) - Petugas Kepolisan Resor (Polres) Madiun Kota ikut memantau dan mengamankan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang digelar di wilayah hukum setempat.

"Di antaranya yang kami pantau adalah pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 2 Madiun di Jalan Biliton, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun yang juga merupakan salah satu lembaga penyelenggara UNBK," ujar  Kepala Polsek Manguharjo Polres Madiun Kota Kompol Edi Susanto, Senin.

Menurut dia, di SMA Negeri 2 Madiun terdapat tiga sekolah yang melakukan UNBK. Yakni SMA Negeri 2 sendiri, kemudian SMA Taman Madya daan SMA Taman Bakti Kota Madiun. 

"Jumlah total siswa yang mengikuti UNBK di SMA Negeri 2 Madiun tersebut mencapai 309 siswa," kata Kompol Edi.

Pihaknya merinci, dari 309 siswa yang ikut ujian sebanyak 263 siswa berasal dari SMA negeri 2 Madiun, kemudian SMA Taman Madya sebanyak 17 siswa, dan SMA Taman Bakti sebanyak 29 siswa. 

Berdasarkan informasi dari lembaga penyelenggara setempat, demi kelancaran, pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 2 dibagi menjadi tiga gelombang.

Yaitu, gelombang pertama untuk siswa SMA Negeri 2 Madiun sendiri sebanyak 263 siswa mulai pukul 07.30-09.30 WIB. Kemudian, gelombang kedua untuk siswa SMA Taman Madya berjumlah 17 siswa mulai pukul 10.30-12.30 WIB, gelombang ketiga untuk siswa SMA Taman Bakti jumlah 29 siswa mulai pukul 14.00-16.00 WIB.

"Hingga pelaksanaan gelombang ketiga berakhir pada pukul 16.00 WIB di hari pertama digelar UNBK, semuanya berjalan lancar. Diharapkan kondisi yang sama untuk hari berikutnya," ujarnya, berharap.

Pihaknya juga melakukan dialog dengan kepala sekolah setempat agar pengawasan dan pengamanan yang dilakukan terhadap siswa peserta UNBK tidak kaku sehingga tidak membuat siswa menjadi tegang saat mengerjakan soal. 

Sementara, data Dinas Pendidikan setempat mencatat, jumlah siswa SMA di Kota Madiun yang melakukan UNBK mencapai 1.633 siswa, SMK sebanyak 2.786 siswa, dan MA mencapai 469 siswa.

Sesuai rencana, pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer untuk tingkat SMA/MA/SMALB tahun 2017 akan berlangsung selama empat hari ke depan. Yakni mulai tanggal 10 hingga 13 April 2017. Sedangkan UNBK untuk SMK telah dilaksanakan lebih dulu pada tanggal 3, 4, 5, 6 April lalu. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017