Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Ketua DPRD Surabaya Ratih Retnowati terpilih secara aklamasi memimpin DPC Partai Demokrat Surabaya periode 2017-2022 dalam Musyawarah Cabang III yang digelar di Asrama Haji, Surabaya, Minggu.
     
"Dari 28 suara DPAC (Dewan Pimpinan Anak cabang)  semua sepakat aklamasi menunjuk bu Ratih," kata salah seorang formatur Dedi Prasetiyo kepada Antara di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, ada 31 DPAC yang memiliki hak suara, hanya saja dua DPAC belum mempunyai Surat Keputusan (SK) dari DPD Demokrat Jatim dan satu DPAC tidak hadir.   

Diketahui sebelumnya ada empat kandidat yang maju dalam Muscab III Demokrat Surabaya yakni Ratih Retnowati, mantan Ketua DPRD Surabaya M. Machmud, Sekretaris DPC Demokrat Surabaya Junaedi dan Wakil Ketua Demokrat Surabaya Siswandi.

Hanya saja, pada saat mendekati digelarnya musyawarah cabang, Junaedi dan Machmud mundur dari pencalonan. Sedangkan yang mencalonkan hanya Ratih dan Siswandi.

Ratih mengantongi dukungan 21 suara, sedangkan Siswandi belum memenuhi syarat dukungan 20 persen suara sebagai aturan yang ada. Informasi yang diperoleh Antara, Siswandi hanya mengantongi dukungan 7 suara.  Dengan demikian yang bisa maju dalam pencalonan hanya Ratih.

"Dalam muscab diuputuskan aklamasi menujuk bu Ratih sebagai Ketua Demokrat Surabaya," kata Dedi yang suga sebagai Wakil Sekretaris Demokrat Surabaya.

Anggota sidang sementara dari unsur DPC Demokrat Junaedi membenarkan jika dalam proses pemilihan calon ketua hanya satu orang yang memenuhi persyaratan sesuai tata tertib sehingga terpilih secara aklamasi. 

"Selanjutnya akan dilakukan pemilihan tim formatur untuk menyusun komposisi kepengurusan DPC Partai Demokrat masa bakti 2017–2022," katanya. 

Adapun untuk tim formatur beranggotakan sembilan orang yang mewakili dari unsur DPP, DPD, DPC demisioner masing–masing satu orang. Ditambah ketua terpilih dan lima orang perwakilan atau ketua DPAC dari semua daerah pemilihan (dapil) yang dipilih secara proporsional.

Adapun dalam muscab tersebut disepakati susunan formatur Ketua Ratih Retnowati, Sekretaris  Jenderal TNI (Purn) Pramono Eddhie Wibowo (DPP) dan  anggota meliputi Agus Dono (DPD), Dedy Prasetyo (DPC), Subhan (DPAC), Pujianto (DPAC), Brahmastagiri (DPAC), Bayu (DPAC) dan Mustakim (DPAC).
     
"Formatur ini bertugas untuk menyusun susunan Pengurus DPC Kota Surabaya ke depan," katanya.***2***

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017