Surabaya (Antara Jatim) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur Budi Sulaksana ditemukan meninggal dunia di dalam kamar rumah dinas di Jalan Jemursari 2 Nomor 11 Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

Sopir sementara Kakanwilkumham Jatim, Imam Zarkasi Fanani mengatakan, jenazah ditemukan di dalam kamar pribadi.

"Saat itu, bapak (Budi Sulaksana) ditemukan dengan posisi terlentang di samping tempat tidur," ungkapnya.

Ia mengemukakan, dirinya bersama dengan sekretaris dan juga pembantu rumah tangga terpaksa mendobrak pintu kamar, setelah beberapa kali dipanggil tidak mendapatkan jawaban dari dalam kamar.

"Setelah mengetahui kondisi bapak yang seperti itu, kemudian sekretaris menghubungi ambulans untuk memastikan kondisi terakhirnya. Saat itu, waktunya sekitar pukul 08.30 WIB," ucapnya.

Saat ini, sejumlah pegawai dari Kanwilkumham Jatim tampak berdatangan ke lokasi rumah dinas di Jemursari Surabaya. Sejumlah pejabat seperti Kepala BNN Jatim Fatkhur R, Kepala BNN Kota Surabaya Suparti juga hadir di lokasi rumah dinas.

Dari data yang ada, almarhum Budi Sulaksana dilahirkan di Makassar tanggal 15 Mei 1961 dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Jawa Timur.

Almarhum juga sempat menjadi Kasubsi Lapas klas IIA Anak Medan tahun 1989, Kasi KPLP Klas IIA Bekasi tahun 1996, Kasi Pembinaan Kemitraan Ditjen Pas tahun 2000, Kasubdit Binsusdik Ditjen Pas tahun 2005, Kadivpas Kanwil Sumatera Barat tahun 2006.

Kemudian menjabat sebagai Kanwilkumham Jawa Timur sejak tahun 2015 sampai sekarang. Rencananya jenazah akan dimakamkan di tempat asalnya di Jawa Barat.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017