Banyuwangi (Antara Jatim) - Bupati Abdullah Azwar Anas meluncurkan aplikasi wisata dan kuliner berbasis android bernama "Banyuwangi in Your Hand" yang merupakan penyempurnaan dari aplikasi yang sebelumnya sudah ada.

"Banyuwangi ingin memanfaatkan teknologi di semua lini, termasuk di bidang pariwisata. 'Banyuwangi in Your Hand' merupakan sebuah inovasi untuk memberi kemudahan bagi wisatwan yang berkunjung ke Banyuwangi. Sekaligus ini sesuai dengan perilaku pasar industri wisata yang hampir semuanya telah terdigitalisasi," kata Anas di Banyuwangi, Kamis.

Abdullah Azwar Anas menjelaskan "Banyuwangi in Your Hand" menggunakan format "augmented reality" dan "virtual reality" yang dapat dilihat dalam bentuk konten video, animasi, dan 3D. Aplikasi ini juga terhubung dengan google maps. Sehingga fitur yang ditampilkan menjadi lengkap.

"Apabila menggunakan google maps, masih harus mengetikkan lokasi yang diinginkan. Namun di 'Banyuwangi In Your Hand', ketika kamera ponsel yang telah terhubung dengan GPS, diarahkan sesuai arah angin, maka di layar ponsel akan tampil profil lokasi tempat publik, wisata, kuliner, dan lainnya," ujar Anas.

Anas pun mempraktekkan langsung aplikasi ini melalui smartphone android miliknya. Saat ponsel dihadapkan ke arah timur, maka di layar muncul berbagai ikon lokasi destinasi yang ada bagian tersebut, seperti Pantai Boom, Pasar Banyuwangi, dan Taman Blambangan.

Ketika salah satu ikon diklik, maka langsung muncul penunjuk arah jalan menuju tempat tersebut dan jaraknya. Klik berikutnya, akan muncul informasi seputar tujuan wisata itu.

"Aplikasi ini akan sangat memudahkan bagi wisatwan yang datang ke Banyuwangi, khususnya yang baru pertama kali berkunjung. Detail dari lokasi-lokasi wisata di Banyuwangi bisa dilihat di aplikasi ini," tutur Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur itu.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Banyuwangi Yanuar Bramuda mengatakan aplikasi ini menggunakan format "augmented reality" yang menampilkan kondisi realtime lingkungan yang ada, mulai dari jalan, bangunan, dan lainnya dalam bentuk 3D di lokasi. Namun, tampil lebih baik dan detail daripada google.

"Banyuwangi in Your Hand bisa melihat seluruh isi di Banyuwangi," ucap Bramuda.

Dia mengatakan, Banyuwangi in Your Hand juga akan dikoneksikan dengan aplikasi serupa, seperti "Europe in Your Hands" dan "Australia in Your Hands", sehingga tujuan wisata di Banyuwangi bisa turut dipromososikan di Eropa dan Australia. Sehingga masyarakat Eropa dan Australia, bisa mengakses wisata Banyuwangi.(*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017