Malang, (Antara Jatim) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan badan usaha milik desa (bumdes) di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di wilayah itu.
    
Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto di Malang, Sabtu mengemukakan dengan adanya kerja sama ini penyaluran KUR akan lebih mudah diakses dan makin luas jangkauannya.
    
"Selain itu, juga sebagai upaya memperkuat dan meningkatkan literasi keuangan pada masyarakat yang selama ini kurang mendapatkan akses pada layanan lembaga-lembaga keuangan, termasuk layanan perbankan," kata Suprajarto di sela penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan dua BUMdes di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
    
Suprajarto mengatakan dengan MoU ini, BNI dan kedua BUMdes tersebut juga menyepakati kerja sama penyaluran KUR dan penyaluran bantuan Program Bina Lingkungan dari BNI. Bantuan Bina Lingkungan yang diberikan BNI kepada kedua BUMdes tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk memperkuat operasional usahanya.
    
Bantuan Bina Lingkungan yang diberikan  BNI berupa perangkat laptop beserta printer dan perangkat modemnya, sehingga bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya. Bantuan ini diserahkan kepada BUMdes Bersama Bagus. Sedangkan bantuan untuk BUMdes Sumber Sejahtera diberikan dalam bentuk sarana dan prasarana penerangan agar mampu menopang pengembangan bisnisnya.
    
Menyinggung pengutana literasi keuangan untuk mengedukasi masyarakat, Suprajarto mengatakan dilakukan dengan membuka Agen46 atau cabang BNI tanpa kantor (branchless banking). Agen46 yang dibuka di Pujon Kidul ini menambah jumlah Agen46 yang telah dioperasikan oleh BNI.
    
Hingga saat ini, katanya, BNI telah membuka sekitar 40.000 Agen46 di seluruh Indonesia. Agen46 merupakan langkah nyata yang dilakukan BNI dalam mendukung program peningkatan literasi keuangan di Indonesia yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Lakupandai).
    
Sementara itu penandatanganan MoU antara BNI 46 dengan dua BUMdes tersebut disaksikan oleh Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Malang Dr Rendra Kresna serta para pejabat di lingkungan Pemkab Malang.
    
Kedua Agen46 yang dibuka di Pujon Kidul tersebut selama ini beroperasi sebagai BUMdes. Kedua BUMdes tersebut adalah BUMdes Sumber Sejahtera dan BUMdes Bersama Bagus. "Dengan adanya kerja sama ini diharapkan kinerja BUMdes semakin membaik dan masyarakat juga bisa dengan mudah mengakses kredit perbankan," ucapnya.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017