Jember (Antara Jatim) - Universitas Jember (Unej) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bekerja sama meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) PNS pengelola keuangan pemerintah daerah melalui pemberian beasiswa "State Accountability Revitalization" (STAR).

Sembilan penerima beasiswa STAR BPKP tahap pertama telah diwisuda sebagai lulusan Magister Manajemen oleh Rektor Universitas Jember M. Hasan dalam upacara wisuda periode IV tahun akademik 2016/2017 di Gedung Soetardjo kampus setempat, Sabtu.

"Kami berharap para alumnus beasiswa STAR BPKP yang baru saja diwisuda mampu mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di Kampus Tegalboto Unej untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah," kata Wakil Rektor I Unej Zulfikar usai upacara wisuda di Gedung Soetardjo Unej.

Menurutnya kerja sama Unej dengan BPKP tersebut resminya dimulai sejak 1 April 2015 yakni Universitas Jember menjadi lokasi kuliah, sedangkan beasiswanya berasal dari BPKP RI.

Sementara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Muhammad Miqdad mengatakan para penerima beasiswa STAR BPKP tahap pertama berasal dari Pemkab Situbondo sebanyak lima orang, Pemkab Bondowoso sejumlah tiga orang, dan satu peserta adalah utusan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.

"Selama kuliah di Program Studi Magister Manajemen, mereka mendapatkan mata kuliah seperti akuntansi sektor publik, keuangan negara dan daerah, manajemen proyek sektor publik, audit sektor publik, dan mata kuliah lain, yang dimaksudkan agar mereka mampu menjadi agen perubahan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik," tuturnya.

Salah seorang wisudawan penerima beasiswa STAR Tommy Rudyanto mengungkapkan rasa syukurnya dapat menyelesaikan kuliah S-2 di Kampus Universitas Jember. 

"Selama kuliah, kami mendapatkan bekal berharga berupa mata kuliah manajemen dan akuntansi yang ditujukan untuk pengelolaan manajemen keuangan daerah yang lebih baik, termasuk dituntut memberikan kontribusi kepada instansi pengirim melalui penelitian dan tesis," kata PNS yang juga staf di Dinas Perikanan dan Kelautan Situbondo. 

Dari data yang ada, untuk beasiswa STAR BPKP tahap I terdapat 20 pelamar dan yang lolos seleksi 9 orang. Sedangkan untuk tahap II tercatat dari 30 pelamar, hanya meloloskan 13 peserta, rencananya beasiswa STAR BPKP pada tahun 2019 akan dibuka untuk jenjang S-1 dan S-2.

Dalam upacara wisuda periode IV tahun akademik 2016/2017 tercatat dari 800 wisudawan terdapat 276 wisudawan penerima beasiswa, termasuk sembilan penerima beasiswa STAR BPKP. Dengan rincian sebanyak 136 wisudawan penerima beasiswa Bidikmisi.

Kemudian enam orang penerima beasiswa Banyuwangi Cerdas, tiga orang penerima beasiswa Bank Indonesia, empat orang penerima beasiswa BNI, dan 118 penerima beasiswa berbagai sumber yang berasal dari pemerintah dan swasta.

"Dari data yang ada, semua wisudawan penerima beasiswa itu berhasil lulus dengan IPK rata-rata di atas 3, sehingga saya berharap kepada para wisudawan, khususnya penerima beasiswa dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa, dengan bekal ilmu dan kemampuan yang sudah diperoleh dari kampus Unej," kata Rektor Unej M. Hasan dalam sambutannya.

Dalam upacara wisuda periode IV tahun akademik 2016/2017, Rektor M. Hasan juga memberikan penghargaan kepada para perwakilan wisudawan yang lulus dengan pujian. Mereka adalah Nur Fitri Amalia, SPd, yang merupakan lulusan dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP dengan raihan IPK 3,91 yang juga penerima Beasiswa Bidikmisi. 

Sementara untuk kategori strata dua (S2), ada tiga lulusan Program Studi Magister manajemen yang meraih IPK 4,00 alias sempurna yakni Astri Kurniawati SE, MM, kemudian RR. Lidia Imaniar, SKed, MM, dan Raditya Bagus Evanda, S.Ked. MM.

Kategori Diploma yakni Zahra Hanif Sholiha, A.Md dari Program Diploma Teknik Mesin menjadi yang terbaik dengan IPK 3,73 dan untuk wisuda kali ini, tercatat ada 41 wisudawan Universitas Jember yang lulus dengan pujian.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017