Jember (Antarajatim) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember, Jawa Timur melakukan pendataan terhadap sejumlah potensi wisata air terjun yang berada di sejumlah kecamatan di wilayah setempat.

"Ada sekitar delapan lokasi air terjun baru yang disurvei, kemudian didata sebagai potensi objek wisata di Kabupaten Jember," kata Kasi Pemasaran Wisata Disparbud Jember Deta Irama Kasih di Jember, Kamis.

Menurutnya beberapa air terjun itu yakni Air terjun Sarang Tawon, Air terjun Slawu, Air terjun Panti, Air Terjun Rowosari, Air terjun Kalibajing, Air terjun Watu Langgar, Air terjun Gunung Malang, Air Terjun Sumber Gadung.

"Air terjun merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat memukau, namun kami juga meminta pihak perangkat desa atau pengelolanya untuk memperbaiki sarana penunjang wisata air terjun tersebut," tuturnya.

Ia mencontohkan beberapa hal yang harus ada di sejumlah objek wisata seperti tempat sampah, tulisan objek wisata untuk berfoto selfie, toilet dan akses menuju ke lokasi wisata air terjun juga memerlukan rambu-rambu penunjuk arah, sehingga pengunjung tidak salah jalan.

"Ada objek wisata air terjun yang masuk kawasan hutan Taman Nasional Meru Betiri seperti Air terjun Sarang Tawon yang memerlukan rambu-rambu penunjuk arah menuju ke objek wisata tersebut karena hutannya cukup lebat," katanya.

Jumlah objek wisata alam dan buatan baik yang dikelola maupun yang belum dikelola di Kabupaten Jember tercatat sebanyak 59 objek wisata, namun hanya 13 objek wisata yang melaporkan jumlah kunjungan wisatawan kepada Disparbud Jember.

Untuk jumlah kunjungan wisatawan ke Jember selama 2016 tercatat sebanyak 1.998.297 wisatawan dengan rincian sebanyak 1.994.924 wisatawan domestik dan sebanyak 3.373 wisatawan mancanegara.

"Dengan adanya sejumlah destinasi wisata baru di Jember, maka harapannya jumlah kunjungan wisatawan ke Jember bisa meningkat lagi tahun ini," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, objek wisata  Air terjun Damarwulan dan Air terjun Anjasmoro yang berada di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo yang merupakan salah satu destinasi wisata baru di Jember juga ramai dikunjungi wisatawan.

"Air Terjun Damarwulan dan Anjasmoro banyak dikunjungi wisatawan selama liburan, meskipun sejauh ini didominasi wisatawan lokal, namun harapannya ke depan air terjun itu juga dikunjungi wisatawan asing," kata Kepala Desa Sumbersalak Abdul Haki.(*) 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017