Malang, (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu mengemukakan tingkat partisipasi warga dalam perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) daerah itu melebihi prediksi yang ditetapkan KPU pusat, yakni mencapai  77,5 persen.
    
Komisioner KPU Kota Batu, Jawa Timur Syaifuddin Zuhri di Malang, Kamis mengatakan target dan prediksi KPU hanya 77,5 persen, namun partisipasi warga (pemilih) yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dalam pencoblosan kemarin (Rabu, 15/2) rata-rata mencapai 80 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) di masing-masing TPS.
    
"Tingkat partisipasi pemilih yang menggunakan hak pilihnya ini tidak lepas dari intensif dan gencarnya sosialisasi yang kami lakukan di berbagai lapisan masyarakat, termasuk di sekolah jenjang SMA/SMK," ujarnya.
    
Selain itu, lanjut Syaifuddin, tingginya partisipasi berbagai lembaga pemerintah dan swasta maupun organisasi kemasyarakatan dalam memberikan dukungan atas perhelatan Pilkada di Kota Batu, termasuk partisipasi sosialisasi kepada masyarakat luas. "Capaian ini merupakan kerja keras semua pihak, tidak hanya KPU, sehingga partisipasi pemilih cukup tinggi," urainya.
    
Tingginya partisipasi pemilih dalam Pilkada  juga berdasar temuan dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Dalam hitung cepat hasil pemungutan suara Pilkada Kota Batu, partisipai masyarakat mencapai 78,95 persen.
    
"Tingkat partisipasi masyarakat yang menggunakan hak suaranya dalam Pilkada kemarin ini diluar dugaan kami, sebab hasil survei yang kami lakukan sebelumnya, tingkat partisipasi warga hanya sekitar 60 persen," kata Direktur LSI Denny JA, Totok Izzul Fattah.
    
Jumlah pemilih Pilkada Kota Batu 2017 yang tercantum dalam DPT mencapai 147.097 pemilih yang tersebar di 420 TPS di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kota Batu, Junrejo dan Bumiaji.
    
Pilkada Kota Batu diikuti empat pasangan calon, yakni pasangan nomor urut 1 Rudi-Sujono, nomor urut 2 Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso, nomor urut 3 Hairuddin-Hendra Angga, dan nomor urut 4 Abdul Madjid-Kasmuri.
    
Dalam hitung cepat yang dilakukan LSI maupun Pusat Studi Kewilayahan, Kependudukan, dan Penanggulangan Bencana (Puska2PB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), pasangan incumbent Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso mengantongi lebih dari 42 persen suara.
    
Hanya saja, perolehan suara yang mencapai lebih dari 42 persen tersebut menurut Dewanti, jauh dari estimasinya, karena istri Wali Kota Batu Eddy Rumpoko itu sebesar 50 persen.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017