Situbondo (Antara Jatim) - Warga Desa Alas Tengah, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur yang menjadi korban longsor mulai memperbaiki rumahnya yang rusak akibat terjangan material longsor.

"Dari tujuh rumah warga yang rusak berat akibat longsor tersebut satu rumah diantaranya rusak total," ujar Kepala Desa Alas Tengah, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Sukri di Situbondo, Minggu.

Ia mengatakan sejak terjadi bencana longsor di Dusun Krajan RT 003/ RW 001 dan menyebabkan tujuh rumah rusak, warga korban longsor diminta untuk mengungsi di rumah tetangga maupun saudaranya di sekitar lokasi kejadian untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Di dusun itu, katanya, tercatat sebanyak 17 rumah warga dihuni sekitar seratusan jiwa dan tujuh rumah diantaranya yang diterjang material longsor lokasi rumahnya berada tepat di pinggiran tebing yang pada hari ini sudah mulai diperbaiki.

"Jadi, dari 17 rumah di dusun ini 10 rumah diantaranya yang rata-rata semi permanen tidak terkena dampak bencana longsor karena posisinya berada ditegah atau letaknya tidak tepat berada dibawah tebing," ucapnya.

Menurut Sukri, pascalongsor warga setempat bergotong-royong memperbaiki rumahnya dan dibantu oleh petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Forum Komunikasu Pimpinan Kecamatan (TNI/Polri dan Camat) serta perangkat desa setempat.

Sebelumnya, BPBD Situbondo mencatat sebanyak tujuh rumah milik warga rusak akibat bencana longsor pada Sabtu (11/2) sore sekitar pukul 16.00 WIB setelah daerah itu diguyur hujan lebat disertai angin kencang.

Tujuh rumah warga yang rusak akibat bencana longsor itu di antaranya rumah Latif (25) dihuni 5 jiwa selamat, Sutamar (51) dihuni 5 jiwa selamat, Muhiddin (43) dihuni 6 jiwa selamat, Juno (37) dihuni 1 jiwa selamat, Muhari (77) dihuni 1 jiwa selamat, rumah milik Mohati (47) dihuni 3 jiwa selamat dan rumah milik Srakmi (53) dihuni 2 jiwa selamat. (*) 
Video oleh : Novi H

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017