Malang,  (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Malang menggerakkan berbagai elemen untuk melakukan program reboisasi massal di lima kecamatan yang ada di daerah itu secara serentak dengan menanam sekitar 5.000 pohon.
    
Wali Kota Malang, Jawa Timur Moch Anton mengatakan reboisasi massal yang dilakukan secara serentak tersebut merupakan wujud kerja sama dan kepedulian Kodim 0833 Kota Malang, Perum Jasa Tirta I, Perhutani, dan Pemkot Malang guna menggerakkan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.
   
 "Kami sangat mengapresiasi langkah untuk melakukan antisipasi sejak dini dengan gerakan menanam pohon yang dimotori beberapa pemangku kepentingan, khususnya Kodim 0833, Perum Jasa Tirta dan Perhutani," kata Anton di sela penanaman pohon di Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Sabtu.
    
Gerakan reboisasi massal di lima kecamatan itu dimotori Kodim 0833 Kota Malang dengan tema "Melalui Penghijauan, Kita Wujudkan Gerakan Indonesia Menanam Pohon dalam Rangka Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Hidup serta Mengurangi Pemanasan Global".

Lebih lanjut,  Anton mengatakan penghijauan merupakan langkah nyata yang dipelopori oleh Kodim 0833 Kota Malang dan diharapkan menjadikan motor penggerak bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan alam sekitar.

"Saya berharap program ini dapat terus berlanjut karena sangat baik dampaknya bagi lingkungan dan masyarakat Kota Malang," urainya.

Gerakan reboisasi ini diharapkan juga dapat memberikan penguatan serta wahana edukasi pada masyarakat untuk merawat dan memelihara pohon demi kepentingan generasi berikutnya.

 "Gerakan reboisasi ini jangan hanya berhenti sampai pada penanaman saja, tapi juga baimana merawat agar tumbuh dan berkembang menjadi pengikat tanah agar tidak mudah longsor," katanya.

Sebelumnya (Jumat, 10/2) Pemkot Malang bersama jajaran TNI, Perhutani dan Jasa Tirta I juga telah mengawali penanaman pohon di Kecamatan Kedungkandang. Jumlah pohon yang ditanam secara serentak itu sebanyak 5.000 pohon atau masing-masing kecamatan sebanyak 1.000 pohon.

Bibit pohon yang ditanam tersebut, di antaranya adalah pohon mahoni, kesambi, sengon, trembesi, bintaro, sirsak, nangka, kelengkeng, dan mundu.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017