Jember (Antarajatim) - Rektor Universitas Jember M. Hasan mengatakan indeks prestasi kumulatif (IPK) lulusan strata satu (S-1) mahasiswa Universitas Jember (Unej), Jawa Timur meningkat dari tahun ke tahun.

"Pada tahun 2014, rata-rata IPK lulusan Unej adalah 3,09 dan angka ini meningkat menjadi 3,16 pada tahun 2015, sedangkan tahun 2016 rata-rata IPK lulusan Unej menjadi 3,24," katanya di sela-sela upacara wisuda periode III tahun akademik 2016/2017 di gedung Soetardjo kampus setempat, Minggu.

Menurutnya rata-rata mahasiswa Unej menyelesaikan studinya selama empat tahun lima bulan, meningkat dari tahun lalu yang berada di kisaran empat tahun tujuh bulan.

"Kita terus berusaha, agar lama studi mahasiswa strata satu sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh Kemenristekdikti yakni empat tahun. Untuk itu perlu kerja sama semua pihak agar target tersebut bisa dicapai," tuturnya.

Ia mengatakan terus meningkatnya rata-rata IPK lulusan Unej ternyata juga diimbangi dengan makin membaiknya rata-rata lama studi mahasiswa kampus Tegalboto dan rintisan tersebut sudah terlihat di Fakultas Kedokteran yakni rata-rata lama studi mahasiswanya sudah berkisar tiga tahun lima bulan.

"Saya berharap kepada segenap lulusan Unej, agar selalu berusaha memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan bangsa, terlebih lagi bagi lulusan yang mendapatkan beasiswa selama kuliah," katanya. 

Dalam kesempatan wisuda itu terdapat sebanyak 140 penerima beasiswa Bidik Misi, tujuh penerima beasiswa Bank Indonesia, enam penerima beasiswa Banyuwangi Cerdas, serta 147 penerima beasiswa dari berbagai sumber.

"Maka kini saatnya para wisudawan yang berperan sebagai agen perubahan guna menyukseskan kemajuan bangsa," pesannya kepada seluruh wisudawan Unej.

Universitas Jember telah meluluskan sarjana sebanyak 88.561 lulusan dari berbagai strata yang telah berkiprah di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Dalam upacara wisuda periode III tahun akademik 2016/2017, Rektor Unej memberikan penghargaan kepada para perwakilan wisudawan yang lulus dengan pujian di antaranya untuk Cicik Tri Juliani yang merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran dengan raihan IPK 3,92. 

Sedangkan untuk strata dua (S-2), prestasi ditunjukkan oleh Sugiono dari Program Studi Magister Pendidikan IPA, FKIP, yang meraih IPK sempurna, 4,00 dan untuk wisuda kali ini tercatat ada 23 wisudawan yang lulus dengan pujian yakni mereka adalah wisudawan yang IPK-nya di atas 3,51 serta berhasil menyelesaikan studi dalam waktu empat tahun atau kurang.

Upacara wisuda tersebut semakin istimewa karena dihadiri Ketua Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje) Ali Masykur Musa yang turut hadir, bahkan para wisudawan juga mendapatkan "suntikan" motivasi untuk berani berwirausaha pemilik dan direktur utama Saraswanti Group yang juga alumnus Fakultas Pertanian angakatan 1983 Yahya Taufik.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017