Jember (Antara Jatim) - Tiga wisatawan yakni Rohman (17), Romlan (17) dan Wildan (17) yang merupakan warga Desa Tisnogambar, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember terseret ombak Pantai Payangan saat menghabiskan libur Tahun Baru di pantai setempat, Minggu.

Ketiganya berenang di perairan pantai selatan Jember itu, namun tiba-tiba ombak datang menerjang dan kedua korban berhasil berenang menyelamatkan diri ke tepi, sedangkan Rohman terseret hingga ke tengah laut.

"Memang benar terjadi kecelakaan laut yang menyebabkan seorang wisatawan nyaris tenggelam, namun tim SAR yang berada di Posko Terpadu berhasil menyelamatkan nyawa korban," kata Kasubaghumas Polres Jember AKP Syamsudin saat dikonfirmasi di Jember.

Seorang wisatawan bernama Rohman (17) yang terseret ombak Pantai Payangan di Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu, berhasil diselamatkan oleh Tim SAR Rimba Laut di Posko Terpadu Operasi Lilin Semeru 2016 di kawasan objek wisata setempat.

"Mendengar ada korban terseret ombak, maka Tim Siaga Rimba Laut yang berada di posko langsung bergerak melakukan tindakan penyelamatan terhadap korban dan berhasil membawa kembali Rohman ke tepi laut dan langsung memberikan pertolongan pertama kepada korban," tuturnya.

Setelah berhasil diselamatkan, korban Rohman yang masih selamat itu langsung dibawa ke Puskesmas Sabrang, Kecamatan Ambulu untuk mendapat penanganan medis yang lebih lengkap karena korban meminum air laut terlalu banyak.

"Kami telah menyiagakan anggota di berbagai lokasi objek wisata dalam rangka Operasi Lilin Semeru, sehingga mereka bertugas melakukan pengamanan dan memberikan pelayanan masyarakat yang hendak menikmati hari libur tahun baru, termasuk di objek wisata Pantai Payangan," katanya.

Informasi yang dihimpun di lapangan, ketiga remaja asal Kecamatan Bangsalsari tersebut awalnya sudah diperingatkan oleh tim SAR dan wisatawan lain, agar tidak mandi dan berenang di perairan Pantai Payangan karena merupakan perairan pantai selatan.

Ketiga pemuda itu tidak mengindahkan imbauan dari petugas dan tetap nekat berenang di perairan Pantai Payangan, kemudian selang beberapa menit ketiganya terseret ombak dan dua di antaranya berhasil berenang menyelamatkan diri ke tepi pantai dan satunya diselamatkan oleh tim SAR.

Sejumlah objek wisata pantai yakni Pantai Payangan dan Pantai Papuma dipadati ribuan pengunjung saat libur Tahun Baru 2017, bahkan jalur menuju kawasan wisata tersebut macet dan kendaraan padat merayap untuk menuju kedua objek wisata itu.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017