Madiun (Antara Jatim) - Bupati Madiun Muhtarom menerima Anugerah Dana Rakca Tahun 2016 dari Pemerintah Pusat karena dianggap berkinerja baik dalam pengelolaan keuangan daerah.

Anugerah Dana Rakca Tahun 2016 tersebut diserahkan secara langsung oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution kepada Bupati Muhtarom di Gedung Dhanapala Kompleks Kementerian Keuangan Republik Indonesia di Jakarta pada Rabu 7 Desember 2016. 

"Saya bangga dengan penghargaan yang diraih Pemkab Madiun kali ini. Anugerah ini diterima setelah pemerintah pusat melihat kinerja sangat baik Pemerintah Kabupaten Madiun dalam pengelolaan keuangan daerah," ujar Bupati Madiun Muhtarom kepada wartawan, Kamis.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua komponen yang telah berjuang keras dalam menyusun Laporan Keuangan Daerah (LKPD) Kabupaten Madiun dengan baik hingga akhirnya dinilai layak mendapat penghargaan.

"Diharapkan ke depannya akan lebih baik lagi dan terus mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat seperti yang diterima pada saat ini," tuturnya.

Adapun, terdapat beberapa indikator untuk menerima penghargaan tersebut. Di antaranya, adalah opini BPK wajar tanpa pengecualian (WTP), pengesahan APBD yang tepat waktu, dan penilaian kinerja daerah atas tiga indikator utama.

Ketiga indikator utama tersebut adalah, kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah yang mencakup 11 parameter; kinerja layanan dasar publik yang mencakup tujuh parameter, di antaranya kesehatan, pendidikan, sanitasi, dan air minum.

Serta, indikator kinerja ekonomi dan kesejahteraan yang mencakup empat parameter yaitu pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, penurunan angka pengangguran, dan pengendalian inflasi.

Atas keberhasilan itu, Pemkab Madiun juga mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp7,5 miliar. Kabupaten Madiun merupalan satu dari 83 daerah yang menerima DID tersebut. 

Ke-83 daerah yang menerima DID tersebut meliputi enam provinsi, 65 kabupaten, dan 12 kota yang dinilai telah memenuhi kriteria utama dan sekaligus berkinerja baik dalam kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah dalam penyediaan layanan dasar publik serta dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan. 

Pemerintah pusat berharap, penghargaan yang diterima daerah kali ini mampu memberikan motivasi dan inspirasi untuk meningkatkan kinerja demi kesejahteraan masyarakat dan pengelolaan keuangan yang lebih baik di tahun mendatang. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016