Sumenep (Antara Jatim) - Manajemen PT Kangean Energy Indonesia Ltd menyatakan pengeboran sumur minyak dan gas bumi (migas) di Perairan Saobi, Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, masih dalam tahap eksplorasi.

"Itu menindaklanjuti hasil survei seismic yang telah dilakukan oleh tim kami beberapa bulan lalu di Perairan Saobi," ujar Manajer Public and Government Affair PT KEI, Hanif Suprapto di Sumenep, Jawa Timur, Selasa.

PT KEI adalah salah satu kontraktor kontrak kerja sama (K3S) yang mengelola lapangan atau sumur migas di Perairan Pulau Sapeken dan Kangean, Sumenep.

Hanif berada di Sumenep untuk menghadiri kegiatan yang digagas SKK Migas Jabanusa dan PT KEI di aula salah satu hotel di Kecamatan Kota.

Ia menjelaskan, beberapa bulan lalu, pihaknya memang melakukan survei seismic di Perairan Saobi sebagai bagian dari rencana pengembangan lapangan migas baru.

"Saat ini, satu titik yang sebelumnya disurvei seismic itu sudah dilakukan pengeboran untuk eksplorasi migas dan masih berlangsung," kata Hanif, menerangkan.

Hasilnya kemungkinan besar baru akan diketahui beberapa bulan lagi dan itu tentunya akan dievaluasi oleh manajemen PT KEI.

Hanif menjelaskan, setiap tahapan yang dilakukan oleh tim KEI di lapangan beserta perkembangannya pasti dilaporkan kepada SKK Migas Jabanusa. 

"Sekali lagi, pengeboran yang kami lakukan di Perairan Saobi itu masih dalam tahap eksplorasi migas, bukan produksi. Proses ke arah produksi migas masih lama," katanya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016