Bondowoso (Antara Jatim) - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Divisi Regional Bondowoso, Jawa Timur, menargetkan sebanyak 209 lembaga ataupun masyarakat yang bergabung (bermitra) dengan Bulog dalam program "Rumah Pangan Kita".

"Sampai dengan sekarang masyarakat dan lembaga lainnya yang bergabung di program "Rumah Pangan Kita" sekitar 130 RPK, dan itu tersebar di Kabupaten Bondowoso dan Situbondo," ujar Kepala Perum Bulog Sub-Divre Bondowoso yang juga membawahi Situbondo, Muhammad Zaenal di Bondowoso, Minggu.

Ia mengemukakan, sekitar 130 dari target 209 RPK yang sudah terbentuk sebagian besar atau sekitar 70 persen masyarakat dan lembaga yang telah bergabung di Kabupaten Bondowoso, sedangkan 30 persen diantaranya di Situbondo.

Pada pertengahan Desember 2016, kata dia, petugas dari Bulog juga akan menyosialisasikan program "Rumah Pangan Kita" di Situbondo dengan mengundang seluruh kepala desa dan Camat, seperti sosialisasi yang sebelumnya dilakukan di Bondowoso.

"Sampai sekarang masyarakat dan lembaga maupun koperasi yang sudah bergabung kemitraan dengan Bulog sudah berjalan dengan menjual berbagai item produk dari program 'Rumah Pangan Kita'," katanya.

Menurut Zaenal, peluang usaha bagi rumah tangga, koperasi, badan usaha, organisasi masyarakat, komunitas sosial dan yang lainnya menjadi mitra dalam jaringan distribusi pangan pokok pemerintah lewat program tersebut dapat menjual beras premium poles, beras super poles, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu segitiga biru dan tepung terigu lencana emas.

"Jadi masyarakat dan lembaga yang ingin bermitra cukup mendaftar nama dan alamat serta tidak ada biaya (gratis). Tetapi hanya menyediakan modal Rp5 juta untuk mendapatkan sejumlah item produk dari program RPK," tuturnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam peluang usaha itu cukup memiliki tempat pajangan (outlet) yang tidak terlalu besar atau ukuran sekitar 2x3 meter di depan rumah sudah bisa berwirausaha.

Berikut daftar harga produk program "Rumah Pangan Kita" Perum Bulog Sub-Divre Bondowoso: gula kemasan 1 kg Rp12.000 HET (harga eceran tertinggi) harga jual RPK Rp12.500 per kilogram, sedangkan harga di pasaran sebagai pembanding Rp12.600 per kilogram.

Minyak goreng kemasan 1 liter Rp11.900 HET harga jual RPK Rp12.400 per kilogram, sedangkan harga di pasaran sebagai pembanding, Rp12.500 per kilogram. Harga tepung terigu segi tiga biru kemasan 1 kilogram Rp7.100 HET harga jual RPK Rp7.900 per kilogram, di harga pasar Rp8.000 per kilogram.

Untuk harga tepung terigu lencana mas kemasan 1 kilogram Rp5.850 HET harga jual RPK Rp6.400 per kilogram, sedangkan harga di pasar Rp6.500 per kilogramnya.

Sementara harga beras super poles kemasan 5 kilogram Rp9.500 per kilogram, HET harga jual RPK Rp10.300 per kilogram dan harga di pasaran Rp11.000 per kilogram.

Sedangkan harga beras premium poles kemasan 5 kilogram Rp9.000 per kilogram, HET harga jual RPK Rp9.500 per kilogram, sebagai pembanding harga di pasaran Rp10.000 per kilogramnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016