Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menyatakan rencana pengelolaan tiga objek destinasi wisata baru setempat termasuk materi revisi peraturan daerah.

"Kami memang mengajukan revisi Perda Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha di Sumenep. Selain rencana penaikan tarif retribusi, pengelolaan tiga objek wisata baru juga dimasukkan sebagai materi revisi," ujar Kepala Disbudparpora Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Minggu.

Tiga objek destinasi wisata baru yang rencananya akan dikelola oleh pemerintah daerah adalah Pulau Giliyang di Kecamatan Dungkek, Pantai Pulau Gililabak di Talango, dan Pantai Sembilan di Giligenting.

Sementara dalam Perda Sumenep Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha, hanya terdapat tiga lokasi wisata setempat yang dikelola oleh pemerintah daerah dan selanjutnya para pengunjungnya dikenai retribusi.

Tiga lokasi wisata tersebut adalah Pantai Lombang di Kecamatan Batang Batang, Pantai Slopeng di Dasuk, dan Museum Keraton Sumenep di Kota.

Dalam lampiran VII Perda Sumenep tentang Retribusi Jasa Usaha, tarif retribusi di tiga lokasi wisata tersebut adalah Rp2.000 per pengunjung dewasa untuk sekali masuk dan Rp1.000 bagi pengunjung anak-anak.

"Kami mengajukan revisi, karena tarif retribusi di tiga lokasi wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah itu, sangat murah, hanya Rp2.000 per orang," kata Sofi, sapaan Sufiyanto, menerangkan.

Selain usulan penaikan tarif retribusi, rencana pengelolaan tiga objek wisata baru tersebut juga dimasukkan sebagai materi revisi perda supaya pembahasannya menjadi satu paket.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Bagian Hukum Setdakab Sumenep untuk mengusulkan revisi perda itu ke DPRD Sumenep. Kalau sudah resmi (diatur oleh perda), nantinya di tiga objek wisata baru tersebut akan dibentuk unit pelaksana teknis," ujarnya.

Pulau Giliyang memiliki kandungan oksigen lebih tinggi atau di atas normal dibanding daerah lainnya dan disiapkan oleh pemerintah daerah sebagai objek destinasi wisata kesehatan.

Sementara Pantai Pulau Gililabak memiliki kawasan terumbu karang yang indah dan Pantai Sembilan memiliki cekungan pasir alami membentuk angka "9" jika difoto dari udara, keduanya disiapkan sebagai lokasi wisata bahari.

Saat ini, tiga objek destinasi wisata baru di Sumenep itu ramai dikunjungi para pelancong dari luar Pulau Madura, utamanya pada setiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu). (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016