Jember (Antara Jatim) - Kota Surabaya kembali menyabet juara umum dalam kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Timur XI yang digelar di Kabupaten Jember pada 1-6 November 2016.

"Kota Surabaya mendapatkan juara umum dengan perolehan medali terbanyak, kemudian peringkat kedua diraih Kota Malang, dan ketiga diduduki Kabupaten Sidoarjo," kata Panitia Pelaksana Popda Jatim XI yang juga Kasi Olahraga Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kabupaten Jember Penta Satria di Jember, Minggu malam.

Data perolehan medali yang diterima Antara di Kabupaten Jember pada Minggu sore tercatat Kota Surabaya mendapatkan 128 medali dengan rincian 58 medali emas, 41 medali perak, dan 29 medali perunggu. 

Kemudian perolehan terbanyak kedua diraih Kota Malang sebanyak 55 medali dengan rincian 19 medali emas, 18 medali perak, dan 18 medali perunggu. Peringkat ketiga yakni Kabupaten Sidoarjo yang memiliki sebanyak 54 medali dengan rincian 18 medali emas, sembilan medali perak, dan 27 medali perunggu.

"Kabupaten Jember menduduki peringkat ke-11 dari 38 kabupaten/kota di Jatim dengan mendapatkan perolehan lima medali emas, tujuh perak, dan 15 medali perunggu," tuturnya. 

Kabupaten yang berada di juru kunci atau terendah di urutan 38 yakni Kabupaten Situbondo dengan perolehan dua medali perunggu.

Sementara Bupati Jember Faida yang berharap Kabupaten Jember masuk dalam lima besar perolehan medali di Popda Jatim XI tidak terwujud, namun bupati perempuan pertama di Jember itu tetap bangga atas prestasi atlet di daerahnya.

"Saya yakin Jember bisa lebih berprestasi ke depan. Ini merupakan awal kebangkitan olahraga Jember," katanya kepada sejumlah wartawan usai upacara penutupan Popda Jatim XI di Jember Sport Garden.

Dengan perolehan prestasi yang ditorehkan para atlet Popda XI dari Kabupaten Jember, Bupati Faida dan Wakil Bupati A. Muqiet Arief mengatakan kesuksesan prestasi yang diraih dari Popda XI Jatim menandakan sebuah awal kebangkitan dari olahraga di Kabupaten Jember.

"Kami juga sudah menata di dalam RPJMD dan APBD di tahun 2017, agar berpihak kepada para pelajar dan pemuda, dari seluruh cabang olahraga yang ditata lebih detail," ujarnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016