Surabaya (Antara Jatim) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program "Bakti BCA" mendorong masyarakat di wilayah kerjanya untuk mampu menciptakan peluang usaha secara mandiri, yakni dengan memberikan dukungannya UKM yang bernaung di Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Mitra Bersama. 

"Saat ini jumlah populasi penduduk dengan usia produktif lebih banyak daripada jumlah lapangan kerja yang ada. Oleh karena itu kami ingin mendorong masyarakat untuk menciptakan peluang usaha sendiri dengan cara membuka bisnis," kata Kepala KCU BCA Rungkut Thomas Robby Iskandar, di Surabaya, Rabu.

Thomas mengatakan, dorongan ini juga sebagai upaya membantu program pemerintah dengan berkomitmen memberdayakan masyarakat agar mampu bertumbuh dan maju secara mandiri. 

"Beragam program telah kami persiapkan untuk mendukung komitmen tersebut. Melalui kolaborasi dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra, kami juga mengembangkan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Mitra Bersama untuk memfasilitasi pelaku UKM agar dapat mengembangkan usahanya secara berkelanjutan," kata Thomas.
 
Beberapa kegiatan yang dilakukan BCA antara lain memberikan konsultasi dan pelatihan mengenai pengelolaan keuangan sederhana, pengembangan pasar, quality control, pembuatan website, hingga memfasilitasi pengenalan produk/jasa perbankan dan temu usaha.

"Kami berharap para pengurus UKM dapat semakin menambah wawasan dan nantinya dapat mengembangkan usahanya sesuai dengan informasi yang telah mereka terima hari ini," katanya.

Sementara itu, sebelumnya UKM juga telah menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia, bahkan terbukti memiliki daya tahan tinggi saat terjadi krisis moneter dan krisis global. Sekitar 88,8-99,9 persen bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM dan mampu menyerap tenaga kerja sekitar 51,7-97,2 persen.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016