Lamongan, (Antara Jatim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menyiapkan tiga posko siaga bencana yang ditempatkan di wilayah rawan bencana seperti Kecamatan Babat, Laren dan Karangbinangun.

Kepala BPBD Kabupaten Lamongan Suprapto di Lamongan, Rabu mengatakan posko tersebut disiapkan karena wilayah setempat merupakan salah satu wilayah yang rawan terjadi bencana, khususnya banjir Bengawan Solo.

"Posko siaga yang kami dirikan itu menginduk pada dua pos utama yakni BPBD Lamongan dan Makodim 0812 Lamongan," katanya.

Ia berharap, dengan adanya posko siaga bencana di sejumlah titik, para personil selalu siap bergerak apabila terjadi bencana sewaktu-waktu.

Sebelumnya, Bupati Lamongan Fadeli pada apel kesiapsiagaan bencana alam yang digelar di Alun-alun Kabupaten Lamongan meminta sebanyak 500 personil siap diterjunkan jika sewaktu-waktu terjadi darurat bencana di wilayah setempat.

"Saya juga mengingatkan agar menjaga semua perlengkapan pendukung darurat bencana, supaya selalu dicek kondisinya," katanya.

Ia mengatakan dengan dilakukannya apel kesiagaan dan disiapkannya posko dapat mengantisipasi dampak lebih besar dari bencana alam yang mungkin terjadi. 

"Saya juga berharap dengan posko kesiagaan bisa terjadi sinergi untuk salin mengkonsolidasikan satuan pelaksana penanggulangan bencana di Lamongan," katanya.

Menurut Fadeli tidak ada yang berharap terjadi bencana alam, namun yang lebih penting adalah melakukan upaya minimalisir dampak dari bencana itu dengan mitigasi bencana. 
      
"Karena itu, perangkat daerah harus terus mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana dengan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016